Diskusi

Adiksi Televisi

Kemarin, di grup Parenting Yayasan Kita dan Buah Hati yang dibina oleh putri kedua Ibu Elly Risman, yaitu Bu Sarra Risman, kami membahas tentang Mengapa Anak Tidak Boleh Menonton Televisi Terlalu Lama?

Berikut pertanyaan beserta penjelasan beliau :

  1. BUSAR KAPAN anak bisa memahami bahaya radiasi layar utk otaknya. Saya selama ini hanya menjelaskan kalo banyak nonton tv bahaya, kepala bisa pusing dan otak bisa rusak. (Kami pernh baca buku ttg otak busar).

         5-7 th bu. Fotoin gelombang radiasi nya

20160126013910
Foto Radiasi Gelombang Televisi

Itu layar komputer saya. Kliatan gak gelombangnya?

TV lbh parah lagi. Krn gambar bergerak. Dan umumnya lebih besar.

Yang garis2 itu ya…..

Gelombang itu masuk otak dan membuat adiksi.

Sehingga, gak nonton pun, orang-orang yg adiksi perlu tv nya hidup, asal si gelombang msk tubuhnya.

Krn TUBUH nya lama-lama yg memerlukan radiasi tsb.

Krn badannya sdh butuh. Spt makan dan minum. Kl di sapih dr tv, sakaw gk karuan. Spt narkoba.

Itu kenapa umumnya para suami (mungkin bukan suami2 ibu disini)  begitu kl nonton tv. Gk jelasssss nonton apa,  bulak balik ganti channel, asal si radiasi tea msk badannya. Kadang smp ketiduran dpn tv. Atau ya tv idup, tgn ada hp,  or buku..

Anak-anak yg sdh adiksi radiasi tsb, akan bermain skitar tv yg nyala. Nonton kagak,  di matiin ngamukkk.

 

  • BUSAR,

kl yg adiksi gelombang tsb orangtua nya gmn ya…?

Saya hobi banget nonton drama korea kl anak-anak tidur.

Apalagi saat ada mslh.

Relaxing nya dgn nonton.

 

Apalagi jaman skarang.

Bahkan saya berlama-lama dhadapan layar laptop sambil baca artikel.

Bahaya yaa Busar..?

Org dewasa bs lbh mengontrol adiksi nya bulen. Dibanding anak2

Kl orgtua nya adiksi,  UMUMNYA anaknya biasanya bgitu jg. Biasanyaaaaa…

 

  • Ikut komen, anak2 mengikuti orang tua. Membatasi anak melihat layar tp orang tua tidak membatasi jd tambahan pertanyaan untuk anak.

Knp kaka g blh, kok bunda/ ayah boleh.

Ortu jg hrs membatasi diri supaya ditiru. 😁

Gk perlu depan anaknya

Oh ya gak buwin.

Ibu dan anak beda.

 

  • BEDA YA BUSAR? apa bedanya karna penjelasan pengendalian adiksinya tadi?

Gak. Menurut ibu tubuh ibu sama gak dengan tubuh nina?

BEDA BUSAR, apa saya jelaskan mengenai perbedaan2 antara ortu nya dgn dirinya?

Gak perlu. Bilang aja beda.

 

Begitulah diskusi di grup YKBH kami hari kemarin, sehingga membuka mata kami. Karena yang bahaya itu sebenarnya bukan hanya adiksinya, tapi ketidak tahuan orangtua akan bahaya tersebut. Itulah yang paling berbahaya!

 

 

 

 

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Adiksi Televisi

      1. Itu penggagas Project Bright Bride bukan? Atau yang pernah bilang “Aku adalah korban kefakiran ilmu ibuku”? Bu Elly itu yang punya anak 3 dan semuanya dididik sendiri di homeschool terus kalau nggak salah 2 di antaranya kuliah di Singapura?

        Like

  1. Yang bright bride itu anaknya Ibu Septi Peni Wulandani, miss Rin…
    Foundernya IIP (Institut Ibu Profesional), jaritmatika dan sekolah Lebah Putih.

    Kalau Ibu Elly itu yang sering kasih materi parenting mengenai pornografi di net tv, biasanya…(rutin)
    Beliau tetap percaya sama institusi sekolahan, anaknya 3 perempuan semua.
    Dan 1 diantara nya psikolog seperti beliau, skolahnya di Aussie..(ya Bu Sarra Risman ini).

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s