My Pleasure

Bermula Dari Ngobrol Kece Yang Mengubahmu Jadi Cantik!

Aiih….kalau gaulnya di Blogger BDG maah….dijamin bisa ikutan acara kece kaya begini niih…..Acara yang bikin kamu sehat, cantik, dan pasti nambah ilmu bermanfaat.

Acara yang bekerja sama dengan DF Clinic diselenggarakan di Hotel Best Western Premier La Grande, Bandung ini mengambil tema “Ngobrol Kece : Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh“. Dari mulai daftar pun kebayang sama pembicaranya. Dr. David Budi Wartono, dokter ahli di bidang anti aging dan kecantikan, tersertifikasi american board of aesthetic AAM dan anti aging ABAARM. Pembawaan Dr. David yang tenang, bikin kita yang engga tau ilmu kedokteran sedikitpun bisa menyerap semua yang dijelaskan oleh beliau dengan baik.

Di awal, Dr. David sudah membuka diskusi dengan kalimat, “Saya hari ini tidak membawa materi apa-apa untuk dijelaskan. Tapi mari kita bahas masalah kulit yang selama ini dialami. Apa saja, coba sebutkan…?”. Karena diskusi ini sifatnya terbuka alias dua arah, maka banyak sekali ibu-ibu yang mengacungkan tangan untuk berkonsultasi secara interaktif dengan Dokter David. Dari mulai masalah jerawat, kulit kusam berminyak, wajah mulai berkerut, sampai badan yang melar engga bisa kurus. *haadee….cewe banyak banget keluhannya yaa…?? Tapi jangan salah, ada 5 cowo yang hadir saat itupun mengajukan beberapa keluhan. Salah satunya adalah jerawat dan ketombe. Ternyata memiliki kulit sehat dan mulus tidak hanya diinginkan oleh kaum wanita yaa….para pria pun memiliki keinginan yang sama.

DSC02632

Beberapa point yang dibahas oleh Dr. David adalah

  • Alergi.
    Apa itu alergi? Dan apa penyebabnya?

    Alergi adalah sebuah reaksi tubuh oleh sesuatu yang tidak dikehendaki. Reaksi yang ditimbulkan oleh alergi ini bisa bermacam-macam. Dari mulai bengkak, luka, bahkan sampai hancur.
    Bengkak itu seperti sariawan dan jerawat. Sedangkan luka seperti jerawat yang berkepanjangan dan tidak berhenti. Terus saja tumbuh dan tumbuh lagi. Kalau efek alergi yang hancur adalah seperti pada penyakit vitiligo dimana pigmennya hancur atau kulit yang hancur sehingga tampak belang-belang. Atau sakit lupus dimana organnya yang hancur, bisa tulang, jantung, kulit, ataupun organ lainnya.

    Penyebabnya salah satunya bisa dari makanan.
    Yang bahaya ketika yang bikin alergi merupakan bahan makanan pokok. Misalnya : telur, tepung, atau minyak.
    Kalau hanya seafood, itu sangat mudah untuk dihindari. Dan mudah pula menanggulanginya.

    Alergi bisa diobati. Biasanya kalau sudah tahu kalau itu penyebab alergi, dan bereaksi seperti bengkak, maka bisa langsung di beri obat CTM. Maka akan sembuh. Yang susah kalau alergi yang bersifat menghancurkan. Cara satu-satunya adalah mencari triggernya dan hentikan.

    Salah satu penyebab alergi yang paling sering adalah susu. Untuk bayi di bawah 2 tahun, sebaik-baik makanan adalah ASI. Jangan pernah menggantikan dengan susu formula. Karena susu jaman sekarang jauh berbeda dengan susu jaman dulu. Selain harga susu jaman dulu yang harganya naudzubillah mahalnya, jaman dulu juga produksi susu sangat diperhatikan. Sedikit namun berkualitas. Berbeda dengan kualitas susu jaman sekarang. Sapi penghasil susunya saja di suntik hormon (mengalami proses bioteknologi) agar menghasilkan susu banyak dan memenuhi seluruh permintaan konsumen. Yang tadinya hanya menghasilkan 2 L, karena mengalami proses bioteknologi ini, bisa menghasilkan hingga 20 L. Dan dari segi harga, susu sekarang sudah jauh lebih murah. Makanya jangan heran kalau anak sekarang lebih mudah sakit.

  • Hormon
    Membayangkan hormon adalah bagaikan seorang manager. Dimana ia mengatur segala regulasi yang terjadi di dalam tubuh manusia. Kerja hormon yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Misalnya :

    Hormon

    Pria Wanita

    Estrogen

    x Dominan
    Progesteron dominan

    minimal (siklus)

    Testosteron minimal

    x

    Setiap homon tersebut memiliki karakteristik dan pekerjaan masing-masing yang menentukan karakteristik dari si manusia itu sendiri.

    Misal :
    Mengapa pada perempuan tumbuh payudara sedangkan pada laki-laki tidak?
    Karena hormon yang dominan bekerja pada perempuan adalah hormon estrogen, sedangkan pada laki-laki hormon tersebut tidak ada.
    Hal tersebut juga yang membedakan mengapa laki-laki lebih mudah berotot daripada perempuan. Karena hormon progesteron pada laki-laki bekerja maksimal, sedangkan pada perempuan hanya bekerja minimal dan berdasarkan siklus.

    Karena kerja hormon yang baik dalam tubuh jugalah mengapa perempuan yang meskipun banyak makan, tapi tidak bisa gemuk sedangkan ada perempuan yang baru makan sedikit saja sudah “jadi daging”. Apa yang perlu diperbaiki?
    Sistem hormon, very basic perilaku of life nya juga. Seperti mengatur pola tidur (jangan suka begadang), makan makanan manis, dan gorengan yang digoreng dengan minyak jenuh.

    Pentingnya kerja hormon bagi perempuan juga menentukan mengapa siklus haid perempuan bisa berbeda di tiap bulannya. Kadang memanjang dan bisa juga memendek.

    Selain itu juga, karena pengaruh makanan yang kita makan saat ini menyebabkan perempuan saat ini tumbuh lebih cepat. Anak usia dibawah 12 tahun sudah menstruasi (rahimnya seharusnya belum siap melepaskan sel telur, namun karena percepatan dari makanan yang dikonsumsi, seperti : ayam broiler dan telurnya, sehingga cepat mengalami menstruasi). Apa akibatnya?
    Mereka yang menstruasi di bawah usia 12 tahun akan mengalai menopause di usia 40an.
    Sedangkan yang menstruasi di usia 14 tahun ke atas, maka menopause nya pun lebih lama, biasanya di usia  50 tahun ke atas.

    Masalah lainnya ketika kita mengatur kinerja hormon adalah saat para wanita menggunakan pil KB. Karena rata-rata yang digunakan adalah pil KB generasi ke 1 dan ke 2 yang sudah out of date, maka masalah yang ditimbulkannya pun rata-rata kalau tidak gemuk, kulit jadi tidak bagus dan yang paling membahayakan adalah bisa menyebabkan kanker.
    Sama halnya dengan KB suntik 1 bulan dan 3 bulanan.

    Jadi KB yang paling baik apa, dok?
    ♥ KB kalender
    ♥ KB kondom
    ♥ KB non-hormonan (misal : IUD copper T)
    Memang probabilitasnya masih sangat besar, sekitar 3% tapi dari segi medis, ini yang ditawarkan dokter karena lebih aman bagi kesehatan sang Ibu. Kalau mau yang benar-benar aman ada alternatif vasektomi untuk para ayah. Namun karena banyak faktor, rata-rata yang ber-KB adalah wanitanya.
    *heemm….

  • Pigmen
    Hal ini berkaitan dengan kulit. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, indah, dan mulus maka yang dibutuhkan adalah pola hidup yang sehat pula. Bagaimana caranya?
    Jaga pola makan.
    Mengatur pola makan dalam satu hari ini dengan membuat variasinya. Jangan tepung, tepung dan tepung lagi.
    Kok bisa bilang gitu?
    Karena tidak jarang dari kita makan nasi lauknya telur, camilannya bala-bala. Malamnya makan mie dan nasi.
    Yang benar, seimbangkan makanan dengan makanan yang mengandung serat. Asalkan sudah makan tepung, maka bayar dengan makan salad.
    Hindari minum yang terlalu manis dan makan gorengan.

    Kalau makanan sehat identik dengan mahal, dok….
    Kata siapaa…???
    Makan di warteg pun bisa. Pilihannya : Nasi secukupnya, daging, dan sayur yang banyak.

    Kalau makan bukan nasi yang dibanyakin, tapi dagingnya. Agar tahan lapar lebih lama.

    Good Skin and Good Body With Good Food

  • Aesthetic
    Hal ini kembali lagi dipengaruhi oleh hormon.
    Hormon sungguh sangat berperan dalam mental seseorang. Apa buktinya?
    Saat laki-laki menjadi pemimpin, maka hormon yang paling banyak bekerja dan diproduksi adalah hormon testosteron. Maka bila hormon ini bekerja pada perempuan yang bekerja di ranah publik dan ia menjadi pemimpin, maka perempuan tersebut tampak mandiri dan kuat karakter kepemimpinannya.

    Namun jika hormon estrogen yang sedang bekerja pada wanita, maka ia akan menjadi wanita yang moody, suka hal-hal kecil dan mendetail, dan suka dengan warna-warna cerah. Perlu dipertanyakan jika perempuan sudah tidak suka warna cerah malah cenderung warna gelap (seperti hitam dan abu-abu).*Hiiks…padahal saat acara ini, saya pakai baju warna abu.

    Maka saat hormon estrogen ini bekerja maksimal saat 7 hari sebelum mens, perempuan akan merasa sangat cantik dengan kondisi kulit yang paling bagus dan (biasanya disertai dengan) libido pun naik. Namun begitu menstrusi, kondisi menjadi turun drastis. Kulit menjadi kusam, berjerawat, dan sangat berminyak. Maka yang saat keluar rumah menggunakan make-up lengkap mulai dari foundation, sunblock, bedak lanjut blush on, dan kawan-kawannya…perlu untuk memperhatikan jenis-jenis sabun yang digunakan.
    Ada 3 macam sabun, yakni :
    ♥ Facial foam
    ♥ Cleansing milk
    ♥ Scrub

    Kapan digunakannya?
    Saat mau tidur malam. Jadi tidur malam, wajah dalam keadaan bersih.
    Dan boleh (banget) menggunakan scrub setiap hari, asalkan butiran scrubnya dari bahan alami, misal : biji pepaya, biji aprikot, dan cirinya adalah butirannya berwarna putih.
    Tidak disarankan kalau scrubnya yang terbuat dari bahan sintetik (cirinya adalah butiran scrubnya berwarna biru) karena dapat mengikis kulit bagian luar bahkan dapat melukai.
    Setelah wajah bersih, maka gunakan krim malam. Fungsinya untuk menjaga kelembaban kulit saat malam hari agar saat bangun, kulit tidak terasa kering.

    Untuk merawat kekencangan kulit, lakukan 2 hal : menjaga kelembaban dan rajin berolahraga, terutama olahraga yang loncat-loncat, seperti : aerobik, lari, *mungkin juga termasuk zumba yaa….asiikk!

    Maka pesan dokter yang terakhir adalah Good Food, Good Sleep.

Banyak sekali masukan dan ilmu yang dokter David bagikan. Ini mengingatkan saya akan banyak hal, bahwa sampai saat inipun, saya masih harus memberi sugesti positif pada diri saya sendiri.

Saya mau hidup sehat!

Untuk mengubah pola hidup dalam sebuah keluarga, saya harus mengubah pola hidup saya sendiri dahulu. Bismillaah….. Semoga niatan baik ini terus dan terus berjalan.

Barakallah ilmunya, dok…

Dan dari sekian banyak hikmah pada hari ini, ada beberapa sharing juga dari sahabat-sahabat di Blogger Bandung yang sudah merasakan nikmatnya treatment di DF Clinic, Jl. Leumah Neundeut No.10 Bandung 40164.

DSC02626
Bang Ali dan Kang Raja sebagai MC sedang chit-chat seru!

Akkk….sirriik deeh ngeliat betapa berseri-seri bahagia wajahnya ketika berbicara tentang perawatan yang dijalani. Namun sebenarnya mereka merasakan bahwa “Beauty Is Pain“, guys.
Dari mulai merubah pola makan sampai treatment yang dilakukan saat di DF Clinic. Tapi semua itu demi apa kalau bukan kesehatan dan kecantikan.

Yes, Sure.
th

Advertisements

4 thoughts on “Bermula Dari Ngobrol Kece Yang Mengubahmu Jadi Cantik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s