drama korea

Kim Sajang Family ^^ Reply 1988

Terlalu kecewa sama ending drama ini, membuatku ingin menulis lebih banyak lagi tentang tokoh utama prianya. Terutama keluarganya yang lumayan sering disorot setelah keluarga Deok Seon, tentunya.

Annyeong, chingudeul….

junghwan1Ini dia tokoh utama pria yang sangat diharapkan menjadi akhir kisah yang indah untuk jadi pasangan hidup si pemeran utama wanita, Dek Seon~a…

Nama : Kim Jung Hwan (diperankan oleh Ryu Jun Yeol)
Panggilan : Jung-Pal, Gea Jung-pal, Jung Hwan-a~
Kelahiran : 1971
Jadi saat tahun 1988 usianya 17 tahun.

 

Karakter : Sarkatis, straight to the point, suka banget sama Deok Seon, tapi engga bisa mengungkapkan dengan kata-kata romantis, solidaritasnya tinggi sama teman-temannya, loyal, rajin belajar, sayang sama keluarga.

Anak ke dua dari pasangan Kim Sung Kyun dan Ra Mi Ran-ssi ini memiliki prestasi akademik yang baik di sekolahnya. Peringkat ke 2 setelah Sun Sung Woo, sahabat karibnya.

Saat masih SD, ia bercita-cita menjadi pemain sepakbola, bahkan sampai mengagumi Maradona. Namun cita-citanya berubah ketika SMP, ia ingin menjadi pemain basket terkenal seperti Michael Jordan. Lagi-lagi cita-cita tersebut pupus setelah menonton film di kaset tentang kerennya pilot pesawat tempur. Karena hyung (kakak laki-laki) nya tidak bisa menjadi pilot, maka hyung menggantungkan cita-cita nya pada adiknya, Jung Hwan. Dan ternyata si adik pun (saking sayangnya sama kakaknya) menuruti kemauan si kakak dengan mengikuti ujian masuk Angkatan Udara.

 

home
Rumah keluarga Kim

Rumah keluarga Kim ini berada di Ssamun-dong. Berada di atas karena yang besement ditempati oleh Deok Seon sekeluarga.

Tergolong rumah orang berada, karena berisi barang-barang elektronik yang canggih pada masa itu (kaya kompor gas, microwave, telepon yang sudah nirkabel)  kamar mandi menggunakan shower, hangat selalu saat musim dingin, dan banyaknya pernak-pernik di dalam rumah.

Tapi jangan dikira kalau keluarga ini kaya dari dulu….Mereka kaya karena memenangkan lotere Olimpiade yang dibeli oleh Jung Bong hyung.

 

kamarkecilKim
Aigooo….Kim sajaang~

Bahkan saking miskinnya, mereka bahkan bukan ngontrak rumah, tapi hanya kamar kecil.

kimsajang

 

Nama : Kim Sun Kyung
Panggilan : Kim sajang (candaan ketika bareng Deok Seon)

Karakter : Ayah yang sayang sama keluarga, perhatian, engga pernah berkata buruk tentang anak (bahkan ketika Jung Bong gak lulus-lulus dalam ujian masuk universitas sampai 6 kali), engga pernah membandingkan anak juga (karena Jung Hwan rajin dan pinter tetap respect sama hyung nya yang bolak-balik gagal), senang bercanda (meniru adegan komedi di Tivi), kerja sebagai tukang servis elektronik panggilan (tapi anehnya gak jago-jago banget servis >.<), engga bisa hidup mewah meskipun sekarang menjadi salah satu orang kaya di Ssamun-dong.

Menurut aku, keluarga Kim ini yang paling ideal. Karena relatif tidak banyak masalah, dari segi keuangan sampai cara mendidik anak. Sehingga anaknya pun tumbuh dengan karakter seperti Jung Bong dan Jung Hwan.

Cool.

eomma Ra Mi Ran

Nama : Ra Mi Ran
Panggilan : cheetahnya Ssamun-dong, Jung Bong eomma.

Karakter : Cerewet, suka teriak-teriak kenceng banget, galak, hobi bergosip sama tetangga (bareng Bo Ra eomma dan Sun Woo eomma), sayang banget sama anaknya tapi gak bisa mengekspresikan (persis Jung Hwan), kompak dan solidaritasnya tnggi, loyal (lagi-lagi persis Jung Hwan), jaim, dependable (anak dan suaminya kaya raja di rumah), masakannya selalu beragam dan enak (kayanya….soalnya Jung Hwan engga pernah complain kalau di bekelin dari rumah).

Meskipun sering marah-marah, tapi hidup bersama Kim sajang yang serba apa adanya dan dengan kedua anak laki-lakinya membuat Ra Mi Ran eomma menjadi figur yang dibanggakan oleh keluarga. Meskipun pada episode ke 11 diceritakan bahwa eomma Mi Ran-a hanya lulusan SD, jadi engga bisa baca alphabet (hanya hangeul). Dan Jung Hwa menuliskan nama ibunya dalam alphabet (tanpa sepengetahuan Ra Mi Ran eomma) di pasportnya. Emmm….ttattetan-saram, uri Jung pal…

pasport
^^ Jung Hwan-a, ttattetan-saram

 

jung bong

 

Nama : Kim Jung Bong
Panggilan : Hyung, Jung Bong oppa

Karakter : Fokus sama 1 hal saja (dan itu bukan belajar, seringnya yang aneh-aneh, kaya main ding-dong *jaman dulu banget yaa….ada yang tau gak?, ngumpulin lotere *kalau ini, hobi yang mengantarkan keluarganya kaya mendadak, ngumpulin perangko, dan yang paling aneh adalah saat di episode 1, Jung Bong oppa hobi banget nyari nama aneh di buku telepon. Yaa….waeonyeol!

Namun makin lama, Jung Bong oppa makin “normal”. Hehhee…sebelumnya rada gak normal, karena ia gak pernah sekolah dan belajar Kerjaannya minta uang sama Mi Ran eomma terus dipake hal-hal yang gak berguna. Tapi karena berbaga terpaan hidup, akhirnya a sadar harus berubah. Dan kedua orangtuanya sangat mengapresiasi perubahan tersebut dengan berkata “Uri Jong Bong-i….sangat bekerja karas. Meskipun perubahannya lambat, tapi Jong Bong-a terus mencoba hingga berhasil”. Fightiing, oppa!

Terselip kisah Jung Bong Oppa bersama Man Ok, sahabat Deok Seon yang tadinya paling gak percaya sama first love at first sight, malah jatuh cinta pada pandangan pertama sama Jung Bong Oppa saat mereka engga sengaja satu payung berdua dalam sebuah kejadian kebetulan.

Jong Bong
He become so manly!

Karena kejadian kebetulan inilah kisah cinta mereka dimulai. Komunikasinya melalui merpati (hehhee….pak pos, maksudnya….dengan cara surat menyurat. Kadang di titip ke Deok Seon, kadang dikirim lewat pos).

Balik lagi ke kisah cinta uri Jung Hwan-a yaa….bener-bener gak bisa move on aku dar drama ini. Gimana bisa engga ada progres yang berarti selama 6 tahun? (karena episode ke 16 ke 17 berasa naik mesin waktu, tba-tiba mereka uda memasuki dunia saat mereka berusia 24 tahun).

Di akhir episode 17, akan ditunjukkan betapa kerennya Jung Hwan dengan seragam armynya. Hwaaa~~jinja mosisseoyoo….

AU
Kyaaa….uri Jung Hwan-a…

Dan saat dikunjungi sahabatnya, Choi Taek di Sacheon, basecamp nya….lagiiiii lagi penonton diperlihatkan kerennya Jung Hwan menggunakan seragam Army lainnya.

junghwan2
Aigoo-yaaa….*tapi kenapa jadi keliatan chubby yaa….^^

Karakter paling care sama Deok Seon, meskipun kata-katanya sering menyakitkan dan gak romantis, tapi sebenarnya dari episode awal justru Jung Hwan lah yang sering mengkhawatirkan Deok Seon. Tiap sikapnya mengandung arti. Namun sayangnya sering gak tepat timingnya.

 

Poor uri Jung Hwan-i nii…

Yaah….begitulah gambaran keluarga Kim sajang yang menyenangkan. Cheerful dan saling mendukung satu sama lain.

Pesan moral yang disampaikan melalui karakter Jung Hwan adalah jangan pernah ragu kalau mau ambil keputusan. Jalani dan kita akan lihat hasilnya.

Oh ya,
Drama ini punya OST yang keren looh..untuk dinikmati. Karena lagunya rata-rata berirama slow ala ala tahun ’90 an.

Simak saat adegan Jung Hwan menunggu didepan pagar rumahnya saat hujan deras sekedar untuk berangkat bersama. Ada lagu UB 40 “Can’t Help Falling In Love With You”. Bisa klik di sini untuk download.

Lewat OST juga lah sebenernya kita bisa membaca ke arah mana jalan chakka-nim akan membawa kita mengetahui plot ceritanya.

th (2)

 

Seperti pada lagu yang dibawakan oleh Yeo Eun “Melody Day” yang berjudul “Let’s Forget It”.

*appa…neomu appa soo

 

 

 

 

Sekian review Kim Sajang Family…

Jaa….kantta ….
*lambailambai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

One thought on “Kim Sajang Family ^^ Reply 1988

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s