Books and Movies

Zootopia The Movie (2016)

Sutradara: Byron Howard, Rich Moore.
Genre: Komedi, Fantasy, Family.
Durasi : 1 jam 50 menit.
Rilis : 4 Maret 2016

Tertarik nonton film Zootopia karena banyak hal. Salah satunya karena Kak Winna Risman merekomendasikan bagus untuk ditonton bersama keluarga. Ada banyak nilai yang bisa dipelajari setelah menonton kartun garapan Walt Disney Animation Studios ini.

20160214_115529
Alasan lain, karena sudah berfoto di Zootopia ^^

Tokoh Utama :

  • Judy Hopps.
    Seekor kelinci (perempuan) mungil namun memiliki cita-cita ingin menjadi police officer.
  • Nick Wilde.
    Rubah yang membantu Judy Hopps dalam memecahkan masalah yang ada di kepolisian kota Zootopia.

Diawali dengan operet yang dibawakan oleh Judy Hopps dan kawan-kawannya saat masih kecil, mengenai kehidupan hewan zaman sekarang, yang tak ada lagi gap antara hewan pemangsa dan hewan jinak. Mereka mampu hidup berdampingan saat ini. Tidak seperti dahulu, dimana binatang yang lemah akan dimangsa binatang yang lebih kuat. Jadi saat ini, semua hewan bisa bercita-cita jadi apa yang di impikan. Dan Judy bercita-cita ingin menjadi Police Officer.

Dan operet yang dramatis itu ditutup perkataan Judy “Anyone can be everything” diiringi riuhnya tepukan tangan penonton.

Sayangnya, kedua orangtua Judy tidak setuju dengan cita-cita putrinya yang menjadi seorang officer. Alasannya karena mereka dari bangsa kelinci, hewan yang kecil dan lemah. Pekerjaan yang wajar untuk seekor kelinci adalah menjadi petani wortel. Kalau mau, bisa juga menjadi pedagang wortel. “Itu juga bisa mengubah dunia, Judy…”

Judy yang sudah keukeuh dengan cita-citanya tak peduli apa yang diceritakan ayah-ibunya mengenai kehebatan petani wortel. Ia malah sibuk mengamati gerak-gerik mencurigakan dari seekor rubah yang memaksa anak-anak kelinci ke tempat sepi. Dengan sigap, Judy berlari mengejar rubah tersebut, yang ternyata adalah teman Judy yang terkenal sering membuat onar. Dengan gagah berani, Judy membela teman-teman kelincinya dan berakhir dengan luka di pipi akibat cakaran sang rubah.

Begitulah kisah Judy saat masih kanak-kanak yang selalu ingin merubah dunia menjadi lebih baik, katanya.

I can make a better world for a better place!

Beranjak dewasa, Judy telah diterima di sekolah kepolisian di kota kecil, tempat ia tinggal. Berlatih dengan sesama hewan yang tubuhnya jauh lebih besar dan garang, tentu tidak mudah awalnya. Namun, bukan Judy namanya kalau menyerah begitu saja. Ia berlatih fisik dan mengatur strategi dalam menghadapi ujian.

Maka di akhir pelatihan, Judy dinobatkan sebagai lulusan terbaik di sekolah kepolisian tersebut. Kedua orangtua Judy merasa terharu dan juga bangga bahwa putri satu-satunya akan ditempatkan di kepolisian pusat, Zootopia. Begitupun keluarga kelinci lainnya, yang saat itu turut mengantarkan kepergian Judy ke kota.

ayah ibu

Papa Judy yang tadinya sangat menentang pun, akhirnya luluh karena kegigihan Judy dalam menggapai cita-cita.

Zootopia.

Kota tujuan Judy sedari kecil. Kota besar dengan beraneka keragaman di sana. Semua hewan dapat hidup berdampingan. Kuda nil, singa, jerapah, bahkan tikus.

Sungguh,

Anyone can be everything!

Sesampainya di asrama yang baru, Judy kembali mendapat tekanan dari beberapa orang yang disapanya. Mereka tak mau peduli, layaknya di kota kecilnya dulu. Namun, ia memiliki impian yang besar. Besok, ia akan menjadi police officer!

Bangun pukul 5 pagi dan sesegera mungkin bersiap menuju kantor kepolisian pusat. Lalu Judy berkenalan dengan front officer kepolisian. Seekor harimau penggila makan, terutama donat. Namun ia menyapa Judy dengan hangat.

“Oh…kamu hewan yang lucu…”

Dan Judy pun segera meralat, bahwa yang biasa memuji begitu adalah sesama jenisnya, bukan dari jenis hewan pemangsa seperti Pak Front Office tersebut.

Bogo

Masuk kelas dan berkenalan dengan seuruh rekan kepolisiannya yang (kurang lebih) sama saat rekan Judy di kota kecilnya dulu. Terdiri dari hewan besar yang tampak kuat dan gagah. Hanya Judy yang mungil dan perempuan. *Wooh~~

Maka ia pun disepelekan oleh semua teman, tak terkecuali atasannya. Si banteng yang bernama Chief Bogo. Judy adalah satu-satunya yang tidak mendapat tugas berkelompok untuk mencari orang yang hilang di kota Zootopia. Ia hanya mendapat tugas untuk menjadi polisi penjaga parkir, yang tugasnya memberikan tilang bagi siapa saja pengendara yang tidak sesuai aturan. *Sigh~~

Saat ada perampok yang beraksi di tengah ia bertugas, Judy pun tak melewatkan kesempatan ini. Ia mengejar mati-matian perampok tersebut, hingga ke kota tikus. Dan karena ulahnya ini, Chief Bogo menjadi marah, karena itu bukan tugas Judy, kilahnya. Bahkan saat perampoknya tertangkap dan berhasil dibawa ke kantor polisi pusat Zootopia. Dan anehnya, si pencuri hanya merampok bunga berwarna ungu.

Tiba-tiba ada salah satu warga yang tak bisa menahan diri untuk melakukan laporan kehilangan salah satu anggota keluarganya, memaksa masuk untuk menemui Chief Bogo yang saat itu sedang berang memarahi Judy.

Tahu akan mendapat kesempatan pembuktikan diri, Judy pun segera meng-iya kan laporan si Ibu, tanpa mengetahui kasusnya. Dan diperkuat dengan dukungan sekretaris walikota, seekor domba betina bernama Bellwether.

bellwether

Merasa banyak dukungan, Judy pun mendesak Chief Bogo untuk menurunkan surat perintah penugasannya dalam kasus tersebut. Merasa tidak ada pilihan lain, Chief Bogo menurunkan ijin pada Judy untuk menguak kasus kehilangan tersebut dengan 1 syarat, yakni selesaikan dalam waktu 48 jam.

Dengan semangat, Judy Hopps segera menuju kantor kearsipan. Ia mengecek seluruh kemungkinan, termasuk kaera cctv yang terpasang di jalanan Zootopia. Beruntung ternyata saat kejadian, ada seseorang yang ia kenal. Rubah licik yang sebelumnya pernah membohongi Judy saat sedang bertugas sebagai Parking Police. Nick Wilde.

Dengan sedikit ancaman, Nick pun luluh dan terpaksa membantu pencarian warga kota Zootopia yang bernama Emmet.

Berbagai cara dilakukan selama penyelidikan. Wilde sangat membantu Judy dalam hal koneksi. Dari mulai kemana Emmet pergi saat pertama kali hilang. Sampai diketahui ternyata Emmet berubah menjadi hewan liar (back to nature). Dan diketahui saat itu oleh Judy dan Wilde bahwa hewan-hewan yang back to nature disekap di markas Pelolong Malam oleh walikota Lionheart.

Berbekal rekaman video yang sudah direkam oleh Judy tentang keterlibatan Pak Walikota, maka Chief Bogo dan segenap anggota kepolisian resmi menahan Lionheart. Namun masalah terus bergulir, karena isu tentang “Hewan liar akan kembali menjadi liar dan memangsa yang lemah, pada akhirnya” dan mereka tinggal di Zootopia. Dimana kota besar itu terkenal dengan keanekaragaman hewan yang tinggal di sana.

Maka demi keamanan kota, penduduk yang lemah (seperti kaum kelinci, tikus, domba, dan hewan lemah lainnya) mengadakan demo besar-besaran dan dimana-mana. Keadaan mencekam di Zootopia. Sekarang semua hewan lemah merasa “Kapan saja mereka dapat menjadi sasaran hewan-hewan buas tersebut.”

Persahabatan duo-detektif yang luar biasa, Judy Hopps dan Nick Wilde pun akhirnya putus. Nick merasa tidak dipercaya sebagai rekan kerja.

Setelah merasa depresi dan Judy kembali ke kota kecilnya, ia mendapat pencerahan dari orangtua nya, bahwa ada tanaman yang disebut pelolong malam. Bagi hewan mana saja yang terkena tanaman tersebut, maka akan menjadi liar dan tak terkendali. Tersadar satu hal, Judy telah salah mengungkap kasus. Pelolong malam yang semula dikiran adalah kawanan serigala, ternyata adalah nama tanaman.

Judy pun kembali ke kota. Hal pertama yang dia lakukan adalah mencari sahabatnya, Nick. Untuk mengungkap kasus sebenarnya.

Mereka berhasil mencari dan mengumpulkan bukti-bukti baru. Ternyata pelaku sebenarnya adalah pengganti walikota, Ibu Bellwether. Domba imut-imut ini menjalankan niat jahat tersebut demi mengamankan kota dari binatang buas. Ia masih berpikir bahwa suatu saat, nature itu tidak akan bisa diubah. Dan hewan yang lemah pada akhirnya akan tersingkir. Sebelum itu semua terjadi, ia merencanakan hal tersebut.

Akhirnya Zootopia kembali menjadi kota yang aman untuk semua hewan. Mereka hidup berdampingan dengan segala keanekaragamannya.

Sungguh ending yang mengharukan. Salah satunya ketika akhirnya Nick diangkat menjadi anggota kepolisian Zootopia.

Di film berdurasi 1 jam lebih ini, bisa diambil hikmah beberapa hal untuk anak-anak bahkan orantua, yakni :

  • Kegigihan dalam menggapai cita-cita, walau apapun yang menghadang, pasti selalu ada jalan keluar.
  • Kerja tim.
    Meskipun Judy adalah seekor kelinci yang biasanya kerap menjadi mangsa si rubah, di film ini diceritakan dengan baik proses dalam kerjasama tersebut. Mulai menanamkan kepercayaan antar sahabat. Bersama Nick, mereka berhasil membuktikan bahwa We Can Make It A Better Place!
  • Dukungan dari orangtua.
    Orangtua Judy yang semula tidak percaya, namun tidak mematikan keinginan anaknya.
  • Berani, tangguh, dan pantang menyerah.

Sayangnya, saya kurang ilmu dalam pengetahuan binatang. Disney sangat apik menggambarkan visualisasi binatang yang bisa berdiri dengan dua kaki dan memiliki tangan. Sangat detail sehingga membuat saya berpikir “Ini jenis apa?”.

Coba deeh….ada yang tahu engga…si Flash itu binatang apa namanya? Belum lagi Yax, binatang dengan lalat di badannya…*heol….

Para Pengisi Suara Film Zootopia

Jason Bateman sebagai Nick Wilde
Ginnifer Goodwin sebagai Judy Hopps
Idris Elba sebagai Chief Bogo
Alan Tudyk sebagai Duke Weaselton
Katie Lowes sebagai Dr. Madge Honey Badger
Octavia Spencer sebagai Mrs. Otterton
Bonnie Hunt seagai Bonnie Hopps
Jenny Slate sebagai Bellwether
J.K. Simmons sebagai Mayor Lionheart
Tommy Chong sebagai Yax

Jangan lupa download OST nya yang kece banget, dinyanyikan oleh Shakira.
Ia dimunculkan sebagai sosok artis penyanyi terkenal sebagai icon Zootopia, berupa kambing betina yang sexy dan cerdas.

Shakira – Try Everything.

Oke,
sekian review Zootopia The Movie (2016) dari saya, Happy Watching!

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s