My Pleasure

Pegadaian : Dekat Di Hati Masyarakat

Siang itu, aku melangkahkan kakiku dengan malas. Karena selain udara yang sangat membara di kotaku, hatiku pun sedang tak karuan rasanya. Antara kesal, sebal, dan ingin menangis.

Mengapa?
Mengapa Ibu atau Bapak tidak ada yang setuju dengan keinginanku?

Aku hanya ingin mengikuti kursus bahasa asing, saat itu. Karena selain kegemaranku menonton film Drama Jepang, aku merasa kuliahku sedang berada pada titik jenuh. “Semester 4 yang membosankan”, pikirku.

Bosan, bosan, bosan!
Tiap hari hanya perasaan itu yang terus menghantui benakku. Ketika pagi menjelang, lalu sholat shubuh, mandi, sarapan, kemudian berangkat kuliah. Jam kuliah selesai, mengerjakan tugas bersama teman, lalu pulang. Rasanya jiwaku terkungkung dengan pelajaran yang makin gak jelas. Errgg…..

Tiap hari melewati jalan yang sama saat berangkat dan pulang kuliah membuatku sangat hapal, ada apa saja di sepanjang jalan tersebut. Ada kantor cabang Pegadaian salah satunya, di Pasar Wonokromo, Surabaya. Lokasinya sangat strategis dan ramai dengan orang-orang yang membutuhkan bantuan finansial. Sekilas, aku ragu dan ada perasaan malu. Tapi karena penasaran, aku pun memberanikan diri untuk berkunjung dan sekedar bertanya bagaimana prosedur untuk bisa mendapatkan dana bantuan yang kira-kira akan aku gunakan untuk membayar kursus Bahasa Jepang kenginanku.

pegadaian surabaya
Source : Google maps

Caranya tidak rumit sama sekali.
Cukup membawa barang yang ingin digadaikan, lalu pihak pegadaian akan menaksir berapa harga barang tersebut dengan harga maksimal. Kalau sudah oke, akan diberitahukan pada pihak peminjam, ingin diambil dengan harga maksimal atau di bawahnya.

contoh
Contoh form yang harus di isi peminjam

Gadai Emas.
Adalah salah satu barang yang dapat dijadikan jaminan di Pegadaian untuk mendapatkan dana yang cepat.
Ini adalah solusi tepat bagi masyarakat. Proses mudah dan jaminan aman tersimpan di Pegadaian dengan jangka waktu pinjaman dana selama 4 bulan atau 120 hari. Jika ingin diperpanjang, hanya membayar sewa modal atau dapat mengangsur pinjaman.

Sudah ada rejeki dan ingin melunasinya?
Bisa banget. Hanya membayar sejuumlah dana pinjaman ditambah sewa modal.

Mudah sekali, bukan . . . ??

Keterangan lengkapnya, dapat dilihat di web Pegadaian sebagai berikut :

Pegadaian.co.id

Setelah sekian lama tidak bersinggungan dengan Pegadaian, hari ini aku kembali mengunjungi kantor Pegadaian. Setelah googling dan berdiskusi dengan suami, akhirnya kami sepakat untuk berinvestasi emas dengan membuka Tabungan Emas.

pegadaian dago
Kantor Pegadaian Cabang Dago, Jln. H. Juanda 296 B, Bandung.

Sesampainya di kantor cabang Pegadaian terdekat dengan tempat tinggalku, daerah Dago, Bandung, aku disambut baik oleh para pegawai Pegadaian, dari mulai satpam sampai Customer Service. Memang kantornya tidak begitu besar, namun pengunjungnya datang dan pergi. Para pegawai dengan sigap melayani dan menyelesaikan masalah tanpa masalah, seperti slogan Pegadaian yang akrab di telinga masyarakat.

Pertanyaanku mengenai Tabungan Emas dan Cicilan Logam Mulia dijawab dengan sangat detail dan jelas. Apa perbedaan dan masing-masing kelebihan dari kedua produk jasa Pegadaian tersebut.

tabunganemas

Tabungan Emas.
Keunggulan dari produk jasa ini adalah dapat membeli emas dengan harga terjangkau, mulai dari berat emas 0.01 gram. Sehingga apabila melakukan transaksi sebesar Rp 50.ooo,- maka sudah mendapatkan tabungan emas 0.09 gram.
Persyaratannya pun mudah.
Cukup menyerahkan KTP atau ID card yang masih berlaku lainnya, NPWP (jika ada), sejumlah uang untuk setoran awal dan mengisi formulir dari pihak Pegadaian.

Karena harga emas ini fluktuatif maka setelah tabungan mencapai harga 5 gram emas, maka akan dihitung sesuai dengan harga emas pada hari itu. Namun kekurangan dari produk ini adalah adanya beberapa tambahan biaya seperti biaya administrasi di awal membuka tabungan, biaya titipan emas yang dibebankan per-tahun, biaya materai, dan biaya cetak emas (jika ingin diambil dalam bentuk emas).

Berikut lampiran biaya yang dibebankan kepada nasabah tabungan emas :

daftar
Source : pegadaian.co.id

Alhamdulillah,
Hanya dalam waktu kurang dari 15 menit, aku mendapatkan buku tabungan emas yang dinanti…

tabungan emas
Buku tabungan emasku, dengan no. CIF : 1007 5456 33

mulia

Mulia.
Adalah produk jasa dari Pegadaian berupa cicilan logam mulia. Sudah direncanakan ingin emas dengan berat tertentu dan jangka waktu pembayaran tiap bulan yang ditentukan pula jumlah dan lamanya.

Keunggulannya adalah kita bisa merencanakan dengan baik alokasi dana untuk mendapatkan emas yang kita inginkan. Sehingga setelah beberapa bulan ke depan, kita sudah bisa mendapatkan logam mulia tersebut di tangan.

hargamulia
Lampiran Mulia dari Pegadaian.

Kekurangannya adalah setoran di awal yang harus dibayarkan sebesar Rp 557.000,- dan kebetulan hari ini di Pegadaian cabang Dago sedang ada diskon sebesar 2.5 % , sehingga setoran awal menjadi lebih murah.

Kedua produk jasa inilah yang unggulan dari Pegadaian. Memudahkan masyarakat untuk memilih investasi mana yang diinginkan dan dibutuhkan. Selain itu, yang saya sukai dari Pegadaian selain pelayanan ramah dan cepat, kantor cabangnya banyak tersebar di mana-mana dan selalu bertempat strategis sehingga mudah dijangkau masyarakat luas dari berbagai kalangan.

Untuk saat ini, tidak perlu ragu lagi terhadap Pegadaian. Karena Pegadaian : Mengatasi Masalah Tanpa Masalah.

Sekian pengalamanku dengan Pegadaian.
Untuk yang ingin tahu lebih banyak jadilah Sahabat Pegadaian. Di sana, banyak informasi menarik seputar finansial dan pengetahuan umum tentang emas.

Terimakasih, Pegadaian.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s