Rumah Belajar IIP Bandung

Pertemuan Perdana RB Bisnis – Institut Ibu Profesional, Bandung

Institut Ibu Profesional, Bandung.
Adalah wadah untuk Ibu-Ibu untuk berkembang dan menjadi kebanggan keluarga. Begitu motto IIP sendiri. Untuk saat ini, sudah ada 11 Rumah Belajar yang sedang berkembang di Bandung. Salah satunya yang akan saya bahas berikut ini.

logo-rumbel
source : shantystory.com

Kopdar Perdana Rumah Belajar (RB) Bisnis dilaksanakan di Bumi Inspirasi Learning Centre. Pemilihan tempat di kediaman Bunda Isti ini bukan tanpa alasan. Selain karena rumahnya yang mampu menampung banyak member IIP yang tergabung dalam RB Bisnis, rumah yang terletak di jalan Cisitu Indah VI No. 188, Bandung ini juga merupakan salah satu contoh rumah yang penuh dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Dan Bunda Isti adalah salah satu member IIP yang aktif menggeluti dunia bisnis.

Di gawangi oleh teh Ratih Widayanti sebagai PJ RB Bisnis, maka acara dibuka dengan perkenalan masing-masing member. Untuk menghangatkan suasana, maka disebutkan bisnis yang sedang dijalani.

Kopdar perdana ini akan diadakan rutin dengan mengundang beberapa narasumber kece yang sudah sukses di bidangnya. Misalnya saja, untuk narasumber kali ini adalah teh Iin Churin’in dan Bunda Isti Khairani.

Seperti yang Rasulullah sabdakan bahwa

“Sepuluh dari pintu rejeki, sembilan diantaranya berasal dari perdagangan.”

Maka teh Iin memberi kekuatan kepada para member RB Bisnis untuk jangan takut memulai usaha. Karena dahulu sebelum beliau mempunyai usaha salon Moz5, Hawa Gym dan Galenia Day Care, beliau memulai dari mengajar. Membuka kelas les kecil-kecilan. Dimulai dari tetangga yang mempercayakan anaknya untuk diajarkan oleh beliau. Lama-kelamaan berkembang dan mulailah dijadikan bisnis.

Gurunya sudah bukan lagi teh Iin seorang, namun bisa memperkerjakan beberapa tutor. Ketika sudah berjalan, suami teh Iin memberi tantangan untuk memulai bisnis baru. Di saat bingung, teh Iin percaya bahwa yang dijual adalah jasa. Bukan barang. Melihat pangsa pasar sekitar, akhirnya teh Iin memutuskan untuk membuka usaha salon.

Karena skill di bidang salon tidak mumpuni, maka teh Iin mencari cara untuk tetap membuka salon dengan konsep muslimah. Selama ini, salon diperuntukkan bagi laki-laki dan perempuan. Semua bercampur baur. Kadang yang memotong rambut adalah laki dan yang dipotong rambutnya adalah perempuan. Maka dengan konsep salon muslimah, diharapkan semua bisa serba bersinergi. Perempuan bisa bebas merawat tubuh tanpa khawatir dilakukan oleh yang bukan mahramnya.

Salon Moz5 di Bandung

Alamat :
Jl . Tubagus Ismail Raya no 5F (disamping Es Duren Pak Aip) Dago, Bandung.
No. Telp :
(022) 250 2099 / 088218548986

Teh Iin tidak berhenti sampai di sini. Melihat bisnisnya yang makin berkembang baik kembali ditantang suami untuk membuka jalan bisnis baru. Lagi-lagi yang dibidik adalah pangsa pasar wanita dan jasa. Sehingga bisnis teh Iin berikutnya adalah Hawa Gym. Tempat untuk berolah raga khusus wanita. Kelas yang ditawarkan macam-macam, selain fitness tentunya. Yoga, zumba, aerobik, pilates, piloxing, dan body language.

Kedua usaha teh Iin ini bersifat franchise. Kenapa memilih francise?
Alasannya simple.
Karena franchise sudah memiliki segala sistem yang sudah tinggal dijalankan.

Learning Point yang dapat saya ambil adalah

  1. Selalu komunikasikan apa misi dan visi keluarga bersama pasangan.
    Kalau perlu, ditulis menggunakan vision board.
    Fungsinya : menyamakan mimpi dan langkah yang akan ditempuh.
  2. Melihat kembali apa tujuan hidup.
    Ingin sukses dunia akhirat kah? atau sekedar ingin uang banyak?
    Jika ingin sukses dunia dan akhirat, maka jadikan setiap langkah ini adalah ajang untuk beribadah dan berdakwah. Termasuk dalam mengambil langkah berbisnis.
    Menjadikan bisnis adalah ladang dakwah dan ini adalah salah satu amal jariyah yang (in syaa allah) tidak terputus hingga alam kubur nanti.
  3. Mengalami jatuh bangun dalam dunia bisnis itu hal yang biasa.
    Namun tiap jatuh kemudian bangkit kembali, itulah yang dinamakan mental bisnis. Selalu ingat bahwa Allah punya cara sendiri untuk meng-upgrade kualitas kita menjadi lebih baik. In syaa allah selalu ada jalan keluar dalam setiap masalah.Bagaimana langkah yang diambil?
    Salah satunya adalah dengan mengikuti training bisnis.

Berikutnya adalah sesi tanya-jawab dari beberapa member RB Bisnis yang saya rangkum jawabannya di bawah ini.

  1. Untuk memulai bisnis, menggunakan keuangan yang memang sudah dialokasikan untuk bisnis dari awal.
    Tidak hutang ke bank yang memiliki bunga, sedangkan bisnis belum tau berapa keuntungan yang diperoleh tiap bulannya.
  2. Memiliki bisnis bukan berarti kita harus mengawasi dan terus-menerus berada di kantor. Bisa juga kita mempercayakan pada tim yang sudah dibentuk dan membuat job desc yang jelas.
    Sehingga, pegawai akan mengerjakan tugas sesuai dengan kewajibannya. Sama seperti saat ada yang mengawasi ataupun tidak.Meskipun sudah memiliki orang kepercayaan, tapi rapat koordinasi (secara rutin) dengan seluruh pegawai akan menambah semangat kerja tersendiri.
  3. Untuk mencari teman bisnis, itu adalah masalah chemistry.
    Partner bisnis tidak harus pasangan kita sendiri, atau dari pihak keluarga. Kalau tidak cocok dari awal karena banyak hal, tidak perlu dipaksakan.

lambang

Bumi Inspirasi Learning Centre

Alamat :
Jalan Cisitu Indah VI No. 188 Bandung 40135 – Indonesia

E-mail :
bumiinspirasi4@gmail.com

HP / Whatsapp : 087821533553

Telp : 022-2504040

Materi berikutnya disampaikan oleh nara sumber kece berikutnya, teh Isti Khairani. Beliau menjalankan sosio-preneur, yakni berbisnis dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Mirip dengan teh Iin, teh Isti juga memulai bisnis ini di bidang jasa. Dengan membuka Bank Sampah (setiap hari ahad), teh Isti dan tim Bumins juga siap melayani penyuluhan mengenai pemilahan sampah ke sekolah maupun instansi yang membutuhkan. Selain Bank Sampah, keberadaan Bumi Inspirasi juga dirasa hangat karena setiap hari Senin-Jum’at ada TPA (Tempat Pengajian Anak), day care yang siap menjaga anak-anak saat para Ibu belajar, dan konsultasi keuangan keluarga islami (juga instansi) oleh teh Isti sendiri.

Renungan kebahagiaan bagi teh Isti sekeluarga adalah kehidupan yang berkah tidak hanya dilihat dari sukses secara finansial, namun juga kebahagiaan yang seimbang antara kehidupan di dunia dan akhirat.

Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membranding diri dan usaha yang akan dibangun. Misalnya dengan membuat kartu nama yang menarik dan mudah diingat orang. Kemudian menuliskan mimpi yang ingin dicapai (paling tidak) dalam 5 tahun ke depan.

p_20160922_124800-01

Teh Isti menggambarkan secara sederhana menggunakan simulasi pohon. Dengan dedaunan sebagai impian yang ingin dicapai, dan akarnya adalah dengan mengetahui apa yang kita inginkan dan dimana kekuatan kita.

Mengapa perlu ditulis?
Karena impian yang ditulis adalah langkah utama kita untuk senantiasa ingat sehingga memunculkan ide untuk melakukan action selanjutnya. Setelah action berjalan, maka lakukan evaluasi. mengapa begini dan begitu, bagaimana cara memperbaiki agar menjadi lebih sukses, dan lain-lain.

teh-isti

Point impian ini pun luas, jangan hanya satu. Bisa ditulis, impian untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan impian ibadah. Setelah itu, kita meng-arrange tujuan utama keuangan kita ke arah mana.

Sayangnya sharing bersama teh Isti tidak begitu panjang waktunya. Saking asiknya, waktu bergulir begitu cepat. Dan sesi paling akhir, tentu mamah-mamah muda nan produktif ini tak lupa untuk foto bersama.

Alhamdulillah,
Acara di hari itu berjalan lancar dan penuh cerita yang akan direnungkan kebali di rumah. Banyaknya antrian sponsor tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi kami yang hadir saat itu.

Jazzakillah khayr, para narasumber kece yang sudah berbagi ilmu.
Terima kasih, para member IIP RB Bisnis yang semangatnya masha allah.

Semoga kita bisa berbagi ilmu dan kumpul bareng lagi yaa…

Salam hangat,
lendyagasshi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s