Diskusi · Family Stories

Komunikasi Produktif #day2

Senangnya mengikuti kelas #bundasayang materi Komunikasi Produktif. Tiap hari ada yang dinanti, dilakukan dengan sungguh-sungguh dan diingat kembali, memori apa yang telah diukir di hari ini bersama suami dan anak-anak.

Persis seperti saat dulu jaman sekolah.

Saya gemar sekali menulis keseharian saya di buku diary. Bahkan sesaat setelah menikah. Saya masih gemar menulis (sekedar) masak apa hari ini…? Apa yang saya rasakan saat suami begini dan begitu? Apa yang saya dapat seharian ini?

Bahkan (lagi) saya masih menyimpan hasil test-pack kehamilan pertama.

Namun apa yang terjadi setelah memiliki anak? Serasa dunia jungkir-balik. Semua kebiasaan saya berubah. Saya juga semakin jarang mengalirkan rasa. Jadi mau bahagia, terharu, sedih, marah bahkan ngambek (karena sedang PMS, mungkin), menguap begitu saja.

Hari seakan berlalu begitu cepat dan tak bermakna.
Oohh….Subhanallah.

Hari ini, saya mau bercerita apa yaa…?

Suami ♥

Tanggal 24 Januari 2017, hari Selasa…Abi pulang malam dengan keadaan sangat lelah. Ditambah bersin-bersin. Abi memang ada alergi terhadap debu (terutama). Jadi istirahat lebih cepat dari biasanya.

Menjelang pagi, kami juga belum menemukan waktu yang pas untuk ngobrol. Hanya pesan Abi untuk “Jangan lupa menelepon mas (kaka saya yang pertama), untuk menjelaskan masalah kemarin“. Dan saya pun hanya meng-iya kan sekenanya.

Ada keengganan untuk mengobrol dengan mas untuk masalah ini. Saya ingin bertemu langsung dan membicarakannya karena saya bisa melihat ekspresi dan balasan dari masalah yang sedang saya alami saat itu juga.

Dan pagi pun berlalu…

Ai ♥

Alhamdulillah,
Sejak menuliskan diary ini, saya bisa semakin fokus dalam memaknai hari. Ada moment yang selalu saya nantikan…tidak hanya sekedar bangun pagi lalu mengerjakan pekerjaan rumah, bagaikan robot.

Kegiatan Pagi :
Bangun tidur – Minum susu – Mandi – Sarapan lalu berangkat sekolah.

Kegiatan Siang :
Pulang sekolah – Bermain bersama teman – Makan siang – Main sembari bersiap istirahat siang.

Kegiatan Sore dan Malam :
Bangun tidur – Membuat wayang (menggambar dan mewarnai serta menggunting dan mengelemnya menggunakan sedotan) – Membantu Hana membuat wayang – Bermain bersama – dan bercerita.

Learning point hari ini :
*Kaka dengan senang hati membantu Hana menggunting gambar yang Hana buat.
Kaka sudah mampu mengajak dan berkomunikasi dengan baik kepada Hana dan mama saat ingin menyampaikan sesuatu.

Meskipun hari ini ada pertengkaran kecil, karena kelewat senang bermain, kadang anak tidak megerti batasan. Maksud hati ingin menggelitik, tapi yang digelitik tidak merasa senang sehingga marah dan berakhir dengan saling serang. ^^

*Mereview hadits, doa dan mahfudzot sembari kaka asik bermain lompat-lompatan di tempat tidur. Alhamdulillah, 90% kakasudah bisa menjawab dengan lancar.

Barakallah,
Semoga kian bertambah ketaatanmu pada Allah yaaa, nak…

20170125_225121-01

Hana ♥

Si mungil ini masih kerap berbicara dengan bahasa bayinya yang kadang membuat orang di sekelilingnya gemas. Kalau sudah kesal karena tidak ada yang bisa memahami, tentu ia akan ngambek. Maka dari itu, saya siasati dengan senantiasa mengajak Hana mengobrol tentang perasaan, bercerita bersama dan saya minta untuk menanggapi apa yang saya ceritakan.

Seperti kisah ketika Bapak saya meninggal yang lalu.

Hana memahaminya bahwa kakung sudah di kuburan, dan yang bisa Hana lakukan hanya berdoa. Maka ia pun hari ini meminta Bu Guru untuk mendoakan kakung yang sudah meninggal saat sholat di rumah dan di dalam kelas.

Ada perasaan haru ketika Hana berempati.

Maka saya pun sering bercerita apa yang saya rasakan saat itu kepada anak-anak. Kenangan apa saja yang pernah saya alami saat saya masih kecil bersama uti dan kakung. Serta kebiasaan yang saya lakukan ketika saya masih kanak-kanak.

Kegiatan Pagi :
Bangun tidur – Minum susu – Mandi – Sarapan lalu berangkat sekolah.

Kegiatan Siang :
Pulang sekolah – Bermain bersama teman – Makan siang – Main sembari bersiap istirahat siang.

Kegiatan Sore dan Malam :
Bangun tidur – Membuat wayang (menggambar dan mewarnai serta menggunting dan mengelemnya menggunakan sedotan) – Dibantu kaka membuat wayang – Bermain bersama – dan bercerita.

Sekian kisah komunikasi produktif saya. Salam hangat,
– lendyagasshi –

#komunikasiproduktif
#hari2
#tantangan10hari
#kuliahbunsayiip

 

Leave a Reply

