Diskusi · Family Stories

Komunikasi Produktif #day5

Aktivitas hectic di pagi hari ini, Jum’at, 27 Januari 2017.
Karena kaka kemarin malam belajar hingga larut, dan ada yang perlu dikoreksi dalam berkomunikasi kalau sudah menyangkut “belajar”.

Entah saya ataupun Abi, sejujurnya agak gemas memberi pelajaran tambahan. Selain kaka tidak pernah (dengan penuh kesadaran) meminta diulang kembali belajar di rumah, ia juga kerap dengan berat hati membuka bukunya (kembali).

Saya hanya tidak ingin kaka merasa berkecil hati di hadapan teman-temannya di sekolah saat tahapan belajarnya tidak menunjukkan perkembangan (seperti teman-temannya, yang kebanyakan diikut sertakan orang tuanya tambahan pelajaran untuk membaca, menulis dan berhitung juga mengaji).

Namun kebanggaan saya terhadap kaka juga tidak bisa dinafikan.

Kelebihan kaka :

  • Penurut
  • Mudah diberi masukan dan mudah diarahkan
  • Hobi sekali membuat sesuatu yang ada di sekitarnya (katanya membuaat kreasi dari barang yang sudah tidak digunakan)
  • Mudah menirukan apa yang saya lakukan (baik dan buruk)

 

Kalau mau di list…tahapan perkembangan kaka cukup memuaskan. Ia menjadi teman ngobrol terbaik saya ketika saya sedang ada masalah. Dan kaka juga sering menjadi pengingat bagi saya kala saya sedang khilaf.

Sebut saja ketika saya marah terhadap kaka saat kaka bertengkar dengan adik. Kadang saya suka gak sengaja langsung memarahi kaka, tanpa mendengar penjelasannya. Dan sering pula membandingkan kaka dengan adiknya.

Sesaat saya tersadar….
Bahwa saya salah.

Tidak enak menjadi objek yang selalu disalahkan, tidak didengar dan dimengerti. Bahkan ujung-ujungnya malah dibandingkan dengan orang lain. Sungguh saya ingin memperbaiki sikap saya yang seperti itu.

Sehingga saya meminta maaf kepada kaka.
Endingnya indah….

momm

Kami pun berpelukan sambil menangis bersama dan ujung-ujungnya ketiduran.
Haahaaa…

Kejadian seperti ini, gak sekali – dua kali. Hubungan saya dan kaka, yaa…beginilaah…
Up and down.

Semoga kami dapat senantiasa bersinergi dalam kebaikan.
Aamiin.

 

Okay,
balik lagi ke hari Jum’at yang selalu terasa singkat. Maka hari ini, Abi sepakat pulang kantor lebih cepat dari biasanya dan mengantarkan kami menemui salah seorang sahabat SMA (dari Surabaya) yang sedang dinas di Bandung.

Setelah menyelesaikan beberapa kegiatan, kami berangkat dari rumah ba’da maghrib. Anak-anak sangat antusias sekali, karena memang sudah lama tidak jalan-jalan sekeluarga. Akhir-akhir ini, Abi disibukkan dengan pekerjaan yang bahkan saat weekend sekalipun.

Aktivitas berjalan di sepanjang jalan Asia-Afrika lalu membeli sedikit camilan untuk dimakan bersama serta bermain di alun-alun.

Di sini kami belajar mengenai :

  • Butuh atau perlu
    Kami tidak bisa membeli semua jajanan yang ada di sepanjang jalan karena ingin. Jadi kami memberi pengertian bahwa “Makanlah di saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.
  • Berinteraksi dengan orang di ruang publik.
    Karena saat liburan panjang begini, ada beberapa orang yang mengais rejeki dengan menggunakan kostum badut. Malah tak jarang ada “hantu bergentayangan” di sepanjang jalan Asia-Afrika.
    Tentu ini menjadi pengalaman baru bagi kaka.

    Maka saya memberi pengertian bahwa “Di dalam kostum dan yang menakut-nakuti itu juga manusia, kak… Jangan takut yaa…In syaa allah kaka dan adik selalu dalam lindungan Allah. Karena Allah sayang sama anak sholiha.”

    Memang kaka tidak langsung tenang, namun ia tetap berani melangkahkan kaki meneruskan perjalanan.

 

Hingga akhirnya, kami pun sudah waktunya pulang dan beristirahat. Hari yang menyenangkan. Bagi keluarga kami, di setiap harinya selalu ada hikmah yang dapat dipetik.

Semoga hari demi hari makin menambah ketakwaan kami kepada Allah.
Aamiin.

 

Salam hangat,
-lendyagasshi-

 

#komunikasiproduktif
#hari5
#tantangan10hari
#kuliahbunsayiip

Leave a Reply

