Family Stories

Melatih Kemandirian #day6

Seperti kata Bunda Septi, bahwa one week one skill. Namun untuk beberapa skill yang sudah saya ajarkan ke kaka, in syaa allah akan menurun pada sang adik. Alhamdulillah, meskipun belum teratur, karena Hana saat ini telah mengikuti kelas bermain (di sekolah yang sama dengan Ai), sehingga sedikit banyak mulai timbul kesadaran atas tanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

Contoh yang biasa diperlihatkan kaka saat pulang sekolah adalah mencuci kaki, tangan dan pipis (termasuk bersuci sendiri). Dan kaka akan otomatis ganti pakaian sekolahnya dengan pakaian main di rumah.

Hal kecil ini yang setiap hari dicontohkan kaka. Sehingga Hana pun akan dengan mudah melihat kebiasaan kaka dan menirukannya. Mulai dari antri di wastafel dan kamar mandi untuk melakukan ritual bebersih, hingga baju yang dipakai di rumah, ia pun biasa mengambil baju yang sama.

Apakah ini baik untuk anak dengan jarak usia dekat?

Yang saya rasakan saat ini adalah kemudahan mendidik Hana dan tidak bertarget besar daripada saat mendidik kaka nya dahulu. Dan bawaan Hana yang menjadi follower ini membuat saya tidak terlalu banyak mengarahkan. Hanya kalau Hana sedang tidak mau melakukan, akan saya bantu sedikit.

Misalkan dalam hal memakai celana sendiri. Ada kalanya, Hana meminta tolong untuk menyiapkan celana yang akan dipakaikan nanti saat ia selesai dari kamar mandi. Ini masih saya bantu. Pun kaka, kadang masih melihat adiknya dibantu, ia pun ingin dibantu. Tapi memang tidak setiap saat. Karena kaka ingin merasakan kemudahan yang didapat Hana saja. Saya pun jarang menolak.

 

picsart_01-31-09-56-47

 

Alhamdulillah,
Sedikit demi sedikit kaka memahami mengapa ia harus melakukan beberapa latihan kemandirian. Dan saat ini, melatih untuk tanggung jawab pada dirinya sendiri.

Hal berikutnya yang saat ini sedang saya biasakan adalah menyiapkan peralatan serta kelengkapan seragam untuk sekolah. Dari mulai pakaian dalam hingga pakaian luar. Tak terkecuali jilbab. Setelah itu, baju tersebut diletakkan di depan kamar mandi. Karena rumah kami ada sekat yang membatasi antara kamar mandi dan ruang keluarga, jadi kami membiasakan untuk mengenakan baju (paling tidak) di depan kamar mandi. Karena kaka sudah terbiasa mengenakan pakaiannya sendiri.

20170206_053742

 

Kemandirian untuk Hana adalah mengasah kepekaan Hana pada dirinya sendiri. Kalau lapar, berarti harus makan. Kalau haus, harus mengambil air minum. Dan terakhir, meletakkan piring atau gelas kotor yang telah digunakan ke bak cuci piring.

Sesekali kaka ingin mencuci gelas dan piring, sembari main air. Hana pun tak mau kalah. Ia mencuci piring dan gelas di waktu yang lain. Alhamdulillah~~

Dan yang paling penting dari latihan ini adalah mempercayai anak-anak akan intuisinya. Tidak banyak memberi arahan dan tidak berkomentar negatif dengan apa yang sudah dilakukan anak.

Misalkan saat Hana mencuci piring. Saya tahu ia sangat ingin membantu saya dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tersebut, namun saya juga sadar, ada beberapa bagian yang belum bersih sempurna dari sabun cuci piring. Karena saya tahu apabila berkomentar akan membuat ia patah semangat, jadi saya biarkan saja sampai ia menaruh piring tersebut ke rak piring.

Setelah Hana tidak memperhatikan saya (sedang tidur, misalnya). Saya akan kembali membilas peralatan makan yang dicuci Hana barusan. Karena sabun yang menempel, tentu meninggalkan rasa yang tidak sedap saat digunakan.

Kenapa hanya anak-anak?

Hehee…karena kemandirian untuk saya saat ini belum berjalan sesuai rencana. Saya yang sebelumnya berjanji akan mencatat setiap pengeluaran keuangan keluarga, ternyata sampai detik ini belum melakukannya. Padahal uang bulanan sudah dikucurkan sejak tanggal 27 Februari lalu.

Malu rasanya kala rasa malas ini melanda. Lebih banyak berhubungan dengan gadget dan belum bisa membuat time-management yang baik.

Bismillah,
Akan saya mulai besok.

Sekian catatan melatih kemandirian keluarga Arief yang cheerful, cerdas dan penuh cinta. Semoga bermanfaat.

Salam hangat,
lendyagasshi

 

#tantangan10hari
#hari6
#bundasayang
#melatihkemandirian
#kemandiriananak
#kemandirianpasangan

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

