Family Stories

Melatih Kemandirian #day8

Alhamdulillah,
Melatih kemandirian anak ini memang tantangan yang luar biasa. Selain meningkatkan ilmu komunikasi produktif juga melatih kesabaran.

Kejadian hari iniadalah bagian kemandirian yang saya tanamkan.

Seperti biasa, ritual pulang sekolah adalah cuci tangan dan kaki menggunakan sabun dan berganti pakaian. Anak-anak boleh beristirahat sejenak sembari makan siang. Kalau pun mereka ingin bermain sebentar di luar, saya perbolehkan asalkan sudah lewat adzan dhuhur hingga waktu menjelang makan siang.

Tidak susah mengingatkan anak untuk mau pulang ke rumah dan makan siang kemudian tidur. Karena memang anak-anak saya biasakan mengambil keputusan sendiri dan tau akan konsekuensinya.

Kalau ingin terus bermain di luar, saya memberi konsekuensi bahwa tidak ada yang mengawasi, karena saya paling tidak suka membiarkan pintu rumah terbuka lama-lama. Selain rumah yang belum berhijab, sehingga memungkinkan saya terlihat dari luar oleh yang bukan mahram, saya juga masih beranggapan bahwa stamina anak-anak tergantung dari kualitas asupan makanan dan istirahatnya.

20170206_053629

 

Salah satu tantangan adalah ketika anak dipanggil oleh temannya dari luar rumah untuk diajak bermain. Padahal kala itu posisi kami sudah “mapan” di atas tempat tidur.

Untuk mengatasi hal ini, saya tidak akan banyak melarang ataupun memberi nasihat, namun saya akan menarik perhatian anak sebaik yang saya bisa. Caranya?

Mudah saja,
Ketahui apa yang anak suka ketika akan tidur. Meskipun belum begitu mengantuk, tapi saya yakin, apabila sudah dekat bantal, rasa kantuk itu pasti datang apabila lebih berkonsentrasi.

Bisa dengan berkhayal…?

Kadang, saya mengajak anak-anak untuk masuk ke dunia saya kecil. Ketika saya masih bersama Ibu dan Bapak. Saya kisahkan bagaimana Mama kecil. Bagaimana uti dan kakung memberikan mama begitu banyak kasih sayang.

Barakallah, Bapak…
Barakallah, Ibu…

 

Pembentukan kebiasaan (minimal) selama 10 hari ini akan membentuk kemandirian pada anak. Semoga setelah 10 hari, akan meningkat pada kebiasaan untuk melatih kemandirian yang lain.

Sekian tulisan mengenai kemandirian kaka dan Hana hari ini.
Semoga bermanfaat.

 

Salam hangat,
lendyagasshi

 

#tantangan10hari
#hari8
#bundasayang
#melatihkemandirian
#kemandiriananak
#kemandirianpasangan

 

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Melatih Kemandirian #day8

  1. Sepertinya konsep 10 hari menerapkan kebiasaan ini bisa dicontoh juga buat saya kali ya. Lagi kepengen banget membentuk good habbit tapi kok yaaa maju mundur šŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s