Bunda Sayang · Family Stories

Family Project #day6

Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, hari ini adalah hari dimana anak-anak berangkat outbound ke Kampung Bambu. Kami akan mengikuti serangkaian sekolah RA Permana Asih. Bersama 47 siswa yang lain, kami diharapkan berkumpul jam 7.30 WIB dengan menggunakan seragam olahraga berwarna orang-kuning cerah ceria.

peta kampung bambu
Denah lokasi Kampung Bambu, Cimenyan-Bandung

Untuk perjalanan ini, kami menamainya dengan Misi Petualangan Di Alam Terbuka. Karena itu, dari malam anak-anak sibuk bercerita sekiranya apa yang perlu dipersiapkan untuk perjalanan besok. Mereka mempersiapkan kebutuhan mereka sendiri. Dari mulai seragam, baju ganti serta obat-obatan dan alat mandi. Tampak sibuk sekali. Dan saya hanya sesekali mengingatkan, kira-kira kita butuh apalagi yaa, Ai? Hana?

Tak lupa Abi pun turut berpartisipasi dengan menyiapkan bekal logistik (makanan dan minuman) untuk kami bawa.

Pagi terasa datang lebih cepat dari biasanya, mungkin salah satu alasannya karena hari ini ada agenda outing. Tak terlalu susah mengajak anak-anak untuk segera menyelesaikan aktivitas pagi sebelum bergegas ke sekolah.

Jam 07.30 kurang kami sudah stand-by di halaman RA Permana Asih. Ai dan Hana tampak bahagia berbaur dengan para siswa lain yang merupakan sahabat sekolahnya. Aktivitas berbaris dan sedikit pra-kata dari Ibu Guru pun meluncur dengan lancar.

Kami berangkat menggunakan angkutan umum (angkot berwarna hijau) sebanyak 7 mobil. Untuk anak-anak, mereka menaiki 3 mobil sendiri. Sisanya mengangkut para orang tua dan guru yang tidak ikut mendampingi anak-anak.

Beberapa hambatan juga terjadi sebelum keberangkatan. Saya anggap itu adalah hal yang wajar dalam hal bepergian. Dan positifnya, saya bisa melepas kepergian anak-anak tanpa adanya drama.

Yaah…you know laah….
Kala anak-anak terlalu dekat dengan Ibunya. Mereka biasanya menjadi tidak mudah berpisah.

Karena saya termasuk datang terlambat, maka aktivitas permainan anak-anak di lapangan sudah dimulai. Dimulai dari baris-berbaris dipimpin oleh Ibu Guru dan dilanjutkan perkenalan oleh beberapa instruktur Kampung Bambu.

Dengan senang hati, anak-anak mengikuti serangkaian acara yang telah dipersiapkan oleh instruktur Kampung Bambu. Karena orang tua juga beraktivitas sendiri, maka saya hanya dapat beberapa laporan dari Ibu Guru yang mengiringi sepanjang outbound. Saya hanya mengikuti beberapa aktivitas akhir dimana tantangannya adalah bermain permainan kotor-kotoran.

20170328_100414
Sembari menunggu giliran permainan selanjutnya…anak-anak berbaris dengan sabar

Bermain dan beraktivitas dengan anak memang tidaklah semudah bermain dengan diri sendiri. Dimana kita memotovasi diri ini untuk lebih berani dan lebih tertantang apabila menemui sesuatu yang baru.

Sempat ada ketakutan yang timbul pada diri anak. Dan saya hanya menguatkan. Kalau hal ini tidak akan terulang lagi. Saya juga mengingatkan misi kita hari ini adalah Petualangan Di Alam Terbuka. Dan untuk membuat anak berani, saya yakin tidak perlu membandingkan dengan saudaranya, terlebih dengan rekan sejawatnya.

Karena saya tidak suka dibandingkan, maka saya pun tidak akan melakukan hal tersebut terhadap anak.

Saya biarkan mereka tumbuh seperti adanya diri mereka. Kalau saya bisa ikut beraktivitas, maka akan saya lakukan. Karena saya percaya,

Children do what children see

Maka inipun saya terapkan. Saya tidak sungkan untuk ikut bermain di dalam lumpur untuk masuk ikan. Ternyata cara ini efektif sekali. Anak mejadi lebih menikmati bermain bersama di dalam lumpur.

Kadang saya berpikir, bahwa kata-kata itu efektif apabila diiringi perbuatan.

Dan ini saya buktikan.

20170328_100820

Outbound kali ini mengajarkan saya banyak hal. Dan saya bahagia sekali adanya Family Project yang memaksa saya untuk praktek ilmu Komunikasi Produktif sekaligus melatih Kemandirian pada anak.

Dan nyatanya, saya percaya….bahwa mereka bisa.

Sekian kisah kami hari ini.
Salam hangat,
lendyagasshi

 

 

#bundasayang
#tantangan10hari
#hari6
#myfamilymyteam
#ibuprofesional
#IIP

Leave a Reply

