Bunda Sayang · Family Stories

Mengamati Gaya Belajar #day3

Seperti biasa, Ai selalu mendapat tugas untuk dikerjakan di rumah. Hanya saat weekend. Jadi ada homework seminggu sekali saja. Dan Ai adalah tipe anak yang tidak harus disuruh-suruh untuk melaksanakan kewajibannya. Ia dengan senang mengerjakan saat kartun kesayangannya selesai di tonton.

Sekitar jam 6 sore, Ai mulai mengeluarkan map cokelat berisi buku pelajaran sekolah (TK) nya. Tak berapa lama, ia mulai menggelar meja dan mengambil peralatan tulis dari tempat pinsil saya. Begitulah anak-anak….meskipun punya barang sendiri, selalu menyukai barang yang dimiliki ibunya.

Its okay…

20170422_013827

Ternyata aura belajar tidak hanya dirasakan oleh kaka, namun Hana pun selalu merasa ingin mengerjakan tugas juga. Karena memang dalam membeli buku aktivitas, saya selalu membelikan masing-masing, jadi Hana mulai menulis seperti yang diinstruksikan kaka.

Ai sangat senang bisa membantu Hana belajar, asalkan tugasnya sendiri sudah selesai. Kalau belum selesai dan Hana memaksa ingin dibantu, biasanya kaka enggan dan cenderung memisahkan diri.

Cara belajar yang tidak bisa diganggu orang karena membutuhkan konsentrasi yang tinggi inilah yang saya simpulkan bahwa Ai adalah anak dengan gaya belajar visual.

Bagaimana dengan sang adik, Hana?
Karena masih terlalu dini menurut saya menyimpulkan gaya belajar si kecil yang baru berusia 4 tahun ini. Namun dari pengamatan yang saya lihat, ia mudah sekali menirukan apa yang diamati dan dilihatnya.

Seperti saat saya mengatakan Sapi, maka Hana dengan ringannya berkata Dimulai dai huruf S yaa, Ma...?

Dan untuk menulis serta membaca, memang ia terbilang cukup santai melakukannya. Dan saya tentu tidak memaksakan. Saya hanya cukup memasang tulisan kaka di tembok dan beberapa poster abjad, baik Ai maupun Hana kerap melakukan permainan pretend play. Sebagai guru dan murid, misalnya.

Tentu secara tidak langsung, permainan ini mengantarkan Hana untuk belajar tanpa disadarinya.

 

Alhamdulillah,
Semoga saya masih bisa terus bisa mendampingi anak-anak untuk menemukan gaya belajar yang tepat sehingga mampu meningkatkan kompetensinya.

Semoga kisah hari ini bermanfaat.

Salam hangat,
lendyagasshi

 

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#day3
#ibuprofesional
#iip

 

Leave a Reply

