Bunda Sayang · Family Stories

Mengenal Gaya Belajar #day4

Ada kalanya saya merasa sangat mellow dalam menjalani hari-hari. Terutama saat merasa teramat bahagia. Ini sangat berpengaruh sekali terhadap cara saya mengerjakan tugas Bunda Sayang. Dan tentu berefek terhadap anak-anak dan keluarga.

Saya akan dengan mudah mengerjakan tugas sembari mendengarkan lagu. Malah terkadang bisa sambil bernyanyi.

Sejauh ini, dalam pengamatan saya, anak-anak tidak mudah mengikuti nada dan musik. Sehingga baik Ai maupun Hana bukanlah pembelajar auditory murni. Mereka juga tidak mudah mengikuti musik yang didengarkan untuk menari.

Gaya belajar Ai yang sangat tampak adalah ia akan dengan mudah menceritakan kembali apa yang telah ia lihat dan dengar secara mendetil. Bukan menambahkan cerita, namun jalan ceritanya benar-benar runut.

Sedangkan Hana, anaknya simple. Sehingga gaya berceritanya hanya menampilkan bagian yang penting saja. Ia bisa menyimpulkan per-point apa yang dilihat dan didengarnya, kemudian ia rangkum, baru diceritakan kembali.

Saya merasa bukan sebuah kekurangan, namun dengan kelebihan yang masing-masing dimiliki oleh kedua anak saya, saya berharap mereka bisa berkembang sesuai dengan fitrah yang dimiliki mereka.

Seperti biasa,
Hari ahad adalah hari libur yang dinanti anak-anak. Selain karena mereka bisa jalan-jalan bersama Abi, mereka juga bisa bercerita banyak hal. Dan meminta berbagai macam yang diinginkan. Lucunya, anak-anak selalu lupa dengan apa yang diinginkan kala bertemu dengan Abi. Sehingga permintaan mereka hanya sederhana. Terkadang, Ai dan Hana hanya minta dibelikan es krim di toko dekat rumah.

Alhamdulillah…

Dan saat liburan (panjang) begini, baik Ai maupun Hana suka mengeluarkan kembali buku-buku dalam lemari. Mereka melihat gambar dan sesekali bercerita dengan gaya mereka. Jika memang bukunya besar dan agak tebal, Ai dan Hana menagih saya ataupun Abi untuk dibacakan cerita.

Di sela-sela bercerita, ada nilai moral yang bisa kami sampaikan. Dan beberapa, bisa memancing curiosity anak terhadap suatu hal.

Dan cerita yang paling sering kami bacakan akhir-akhir ini adalah Muhammad Teladanku. Dari buku tersebut, anak-anak akan mengenal sirah Nabi Muhammad sholallahu `alaihi wassalam dan nabi-nabi sebelumnya.

Semoga gaya belajar yang ami kenalkan pada anak-anak bermanfaat dan berefek positif untuk selanjutnya.

Terima kasih sudah membaca.

Salam hangat,
-lendyagasshi-

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
#day4
#ibuprofesional
#iip

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s