Bunda Sayang · Diskusi

Permen Berkelompok

Assalamu`alaykum,

Semangat hari libur weekend ini tetap diisi di rumah sambil menikmati kebersamaan bersama kaka. Semenjak kami memutuskan untuk menitipkan kaka di salah satu sekolah Islam di Bandung dengan jam pelajaran yang full-day, otomatis…waktu kebersamaan kami pun semakin berkurang.

Yang terasa saat di rumah adalah sepi. Meskipun di rumah ada Hana, si bungsu yang tahun ini memasuki TK A3 setelah melewati kelas play-group nya tahun lalu di sekolah yang sama dengan kakanya, RA Permana Asih.

Ada guratan sedih saat melihat kaka bersekolah yang terbilang tidak dekat jaraknya dengan rumah. Namun, ini bagian dari ikhtiar kami. Semoga Allah meridloi dan menunjukkan jalan ilmu bagi kaka, khususnya dan bagi kami sekeluarga juga.

Jadilah weekend ini, saat Abi tetap ada agenda keluar kotanya…kami sudah memiliki bekal yang cukup untuk mengisi liburan kami. Ada beberapa balon tiup, pompa, beberapa camilan serta permen.

Kaka yang memang suka sekali berhitung, mulai menunjukkan ketertarikannya dengan mengelompokkan setiap permen yang ia buka. Terutama permen yang memiliki bentuk dan warna berbeda-beda.

kakaberhitung

Setelah mencari kertas sebagai wadahnya, kaka kemudian mengelompokkan permen berdasarkan warna dan menuliskan jumlah masing-masing kelompok warna. Dan peraturan yang diberikan kaka adalah memakan dari mulai kelompok warna yang paling sedikit.

Tentu kami antusias sekali berbagi tugas. Karena Hana kebagian menuliskan angka yang disebutkan kaka. Meskipun Hana belum hapal, namun ia punya gambaran ketika kaka menunjukkan menggunakan gesture.

 

Manfaat kegiatan ini adalah

  1. Belajar mengelompokkan warna
  2. Belajar menghitung jumlah kelompok
  3. Mengenal angka
  4. Melatih motorik halus
  5. Bekerjasama membagi tugas
  6. Menyebutkan tiap warna dalam bahasa Inggris
  7. Membilang angka
  8. Prinsip pengurangan

 

Permainan hari ini terbilang sederhana dan salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi ananda ketika berada di rumah.

Semoga bermanfaat.

 

Salam hangat,

lendyagasshi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s