Bunda Sayang · Family Stories

Teman, Lingkaran Ini Berbentuk Ulat

Assalamu`alaykum,

Pas banget, hari ini tak saya rencanakan, namun pucuk dicinta, ulam tiba. Ada apa? Pasalnya Hana seperti biasa, ia tak ingin ditinggal saya saat masuk sekolah. Saya pun tak keberatan jika ditarik hingga masuk kelas Hana yang berada di salah satu ruangan sekolah RA Permana Asih.

Begitu masuk, ada beberapa anak yang sedang menangis dan Bu Guru pun tampak sedang menenangkan bagaimanapun caranya. Mulai dari menggendong, mengajak berdiskusi hingga memperlihatkan gambar yang menarik di layar HP.

Hana mencari-cari apa yang bisa dimainkan, dan akhirnya teman sekelasnya memberi Hana 2 buah boneka berbentuk hewan. Yang satu, boneka tangan monyet dan yang satu lagi (lebih mirip) kucing berbentuk semampai.

Mula-mula Hana menjajaki permainan apa yang asik mereka mainkan berdua (dengan teman tersebut, lama-kelamaan saya ikut mendampingi bermain dan membangunkan rumah sederhana untuk si boneka. Saya ambil karpet mat yang berbentuk puzzle, lalu saya bentuk segitiga, sehingga bentuknya sudah seperti rumah.

Permainan sederhana ini mengajarkan :

  1. Pengenalan bentuk
    (karena Hana sudah paham, maka permainan ditingkatkan) Hana akan menyebut benda-benda apa saja yang berbentuk sama seperti bangun yang saya bikin yang ada di dalam kelas itu.

    Misal : kalender berdiri, atap rumah-rumahan hiasan di kelas, sampai bentuk hidung dari kerajinan yang dibuat siswa/siswi tahun lalu.

 

Setelah puas bermain dengan saya, Hana mengijinkan saya pulang. Dan ternyata, hari ini Hana beserta teman-teman sekelasnya belajar menyusun nama dari bulatan-bulatan kecil yang ditempelkan di atas daun. Hasilnya, bulatan itu membentuk badan ulat.

This slideshow requires JavaScript.

 

Dan dengan gembiranya, Hana bercerita sesampainya di rumah, apa yang dilakukan di sekolah bersama teman-teman.

Hana senang?

Iya, Hana senang dan mau mengajari Mama sama kaka cara bikin ulat.

 

Okey, girl…
Mama tunggu DIY bikin ulatnya…

Sekian ceria hari ini. Semoga bermanfaat.

 

Salam hangat,

lendyagasshi

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

