Family Stories · My Pleasure

Canva Premium, Pentingkah?

Bismillah,

Hola sahabat lendyagasshi.
Seneng banget kali ini aku kembali mengisi blog wordpressku yang sudah lama terpendam, hihii…tapi yah, bersukur banget loo… meski gak pernah di optimasi, blog ini tiap hari aku liat selalu ada pengunjungnya.

MashaAllah~
Haturnuhun untuk semua yang sudah bersedia meluangkan waktu membaca blog versi santuy-nya lendyagasshi niih..

Katanya KLIP :

Practises make progress

Ya, aku lagi punya target untuk menulis satu blogpost sehari. Namun kenyataannya, aku belum bisa dan masih sesekali menyetorkan di KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional) berupa gdocs. Ini aku rasain banget siih…ketika ingin menulis, tapi belum ada gambar yang memadai.

Tapi,
Hari ini aku memaksakan diri. Aku ingin kembali menghidupkan ruang-ruang hampa dalam menulis yang siap publish, walau tidak seidealis di blog utama. Oke, kali ini aku mau bahas pertanyaan, “Perlukah blogger atau konten writer berlangganan canva premium?

Apa itu Canva?

Bagi yang belum kenalan sama canva, sini yuukk.. kita kenal lebih dekat dan merasakan mudahnya mendesign sebuah visual yang menarik. Canva adalah sebuah aplikasi design yang sudah menyediakan pilihan ribuan template, jutaan gambar, filter, ikon, dan ribuan font yang mudah banget digunakan.

Yang gak pernah sekolah design kaya aku, pasti merasakan banget keasyikan main canva. User friendly dan bahkan bisa digunakan menggunakan gadget apapun. Di smartphone bisa, di laptop juga bisa.

Apa Manfaat Design Bagus?

Tentu di sini pada bertanya-tanya doonk.. Cuma bikin judul buat header blogpost doank atau mau bikin gambar di feed IG doank.. Ngapain pakai canva?

Ya, disinilah pentingnya sebuah design. Karena bagi anak visual (dan aku rasa semua yang suka mainan IG), visual ini nomer satu. Kalau visualnya menarik, maka akan mengundang like dan ini berarti konten-konten kita akan semakin “berharga”. Kalau konten berharga, pasti mengundang banyak “trust” dari para klien doonk…

Nah,
Dari sini pasti uda pada tahu yaa..arah pembicaraanku kemana?

Hu uumm (sambil manggut-manggut)… meski hanya lewat IG, bisa banget loo…menghasilkan cuan. Asalkan kita maintain dengan sungguh-sungguh.

Dan canva kini gak hanya design untuk model gambar diam aja… Bahkan sudah dilengkapi design untuk video editing. Kalau videonya dikasih bingkai design yang lucu kan..jadi menarik yaah…

Sedikit cerita niih.. Ini 2 video teaser Film Korea Space Sweepers yang aku jadikan satu. Untuk menggabungkan video, aku pakai Kinemaster (editing video) lalu karena Kine-nya masih versi gratisan, jadi ada lambangnya doonk…di kanan atas. Untuk menutupi lambang tersebut, aku edit pakai canva.

And, tarraaa
Jadi begini. Belum begitu smooth siih… Dan aku semakin ketagihan editing video. Meski baru lewat smartphone, tapi lihat gambar yang bergerak, kok hatiku ikut seneng yaa..?!? Hehehe…let’s called lebbaaiiBut, i loved it!

Jadi youtube channelku ada update.
Hihii~

Dan konten video ini juga aku pasang di IG TV, karena ternyata dengan menaruh link hidup di IG TV, saat orang mampir dan membaca keterangannya, itu link bisa di klik loo… Lumayan banget bisa mendatangkan PV bagi yang penasaran sama isi kontennya apa di blog.

Pun ketika masukin video ke youtube, kita bisa sekalian pasang link terkait yang clickable. Waah… Gimana gimana niih….optimasinya makin kece yaa… ((gak juga siih… hhehee…namanya juga usaha yaak…))

Manfaat design yang bagus lainnya adalah agar semakin happy. Eh gimana niih maksudnya?

Ya kan kalau kontennya uda bagus, tapi designnya asal-asalan kan asa gemuuyysh yaah.. Bagi yang bisa foto bagus dan estetik, mungkin lebih suka mengisi smartphone nya dengan aplikasi editing foto, tapi bagiku yang fotonya masih ngehee… dengan sentuhan canva, cliing~

Jadi lumayan laah…bisa dinikmati dengan mata normal.

Fitur-fitur di Canva :

Template yang beragam
Seperti template untuk IG Post, IG story, photo collage, presentation, logo, poster, card, animated sosial media, flyer, your story, business card, desktop wallpaper, invitation, postcard, A4 document, resume, infographic, website, zoom virtual background, brochure, certificate, menu, poster (landscape), announcement, gift certificate, facebook video, video presentation, newsletter, book cover, T-Shirt, invoice, label, presentation, letter, letterhead, calender, tag, proposal, magazine cover, circle sticker, invitation (portrait), blog graphic, graph, flyer landscape, US letter document.

Jenis Font
Ini kalau ditulis bisa ribuan niih.. Pokoknya font di canva ini banyak dan beragam. Bisa banget disesuikan dengan konten yang akan kita buat.

Photo
Kalau gak punya foto untuk konten yang akan kita bikin, canva menyediakan banyak sekali photo yang menarik dan bisa diunduh ketika design yang kita bikin sudah selesai.

Element
Bagi yang belum tahu element itu apa.. Elemen ini bukan grup musiknya Didi Riyadi, dkk yaa.. Hehhee…mulai error yang nulis. Element ini adalah pernik-pernik lucu yang bisa ditempelin saat mendesign. Seperti stiker gitu.. Kalau sedang membicarakan mimpi, bisa di ilustrasikan dengan element balon udara. Dan ketika element ini berpadu indah, bahkan sahabat lendyagasshi bisa membuat semacam ilustrasi dari sebuah adegan.

Text
Bahkan yaa, canva juga menyediakan bentuk text yang beragam. Dari mulai yang ada siluetnya, ada miring-miring ke kanan, ke kiri, pokoknya jadi kece bet daah…

Style
Ini kemudahan berikutnya yang ditawarkan canva. Sahabat lendyagasshi bisa memilih paduan warna yang sudah disediakan canva, Sehingga template yang kita pilih bisa berganti-ganti warna, gak sama seperti bawaan asli canva. Plus tulisan untuk heading dan sub-heading.

Audio
Ini aku beneran baru tahu banget kalau canva bisa dimasukin suara/lagu untuk designya. Inget kalau sedang presentasi gak? Ya, kira-kira si canva ini bisa keluar tulisannya satu persatu plus diisi suara hati musik.

Video
Gak beda jauh sama audio, seperti yang uda aku ceritakan di atas, video bisa juga dimasukkan ke dalam template canva dan voilaaa~ canva video siap diunduh. Semudah itu gengs..

Backgound
Buat yang uda pro mainan canva, background bisa dipilih berdasarkan rencana design yang akan kita bikin. Bikin konsep ini perlu banget, kaan…

Folder
adalah tempat tersimpannya design-design yang pernah kita bikin.

More
Yang berisi tentang situs-situs yang menyediakan gambar bagus dan gratis, seperti pexels, pixabay, embeds, emoji, facebook, gmaps, youtube, instagram, dropbox, Griphy, flickr, box, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya selain kemudahan yang ditawarkan, sahabat lendyagasshi perlu mengetahui satu hal. Bahwa seni memang gak pernah ada yang salah. Semua tergantung dengan pembuatnya. Namun, aku suka yakin banget kalau seni itu ada standartnya. Buktinya ada sekolahnya…

Jadi, semakin banyak melihat yang indah-indah dan semakin banyak mengulik design di canva, pasti akan membuahkan hasil yang gak main-main. Ingat, bahwa design yang indah adalah awal dari kebahagiaan bagi diri sendiri dan membuka peluang bagi orang lain untuk mendapatkan apa yang ingin kita sampaikan melalui design tersebut.

Pertanyaan terakhir niih…

Perlukah Berlangganan Canva Premium?

Sepanjang ada komitmen untuk terus berlatih dan menggunakannya setiap hari, maka aku rasa perlu banget berlangganan canva premium. Karena dengan canva premium, sahabat lendyagasshi bisa mendapatkan design seru tanpa batas.

Jadi masih ragu berlangganan canva?

Coba langganan bersama sahabatmu sebanyak 4 orang, karena dengan berlangganan secara bersama, canva akan memberikan harga khusus. Apalagi berlangganan selama 1 tahun. Kemarin hitung-hitungan sama tim Drakorclass, kak Risna, Kak Dwi, Kak Rani dan DK, biaya berlangganan canva premium selama setahun jika dibagi 5 orang, maka jatuhnya Rp 355.000,-

Tentu ini sangat hemat sekali dibanding kita berlangganan sebulan sekali menggunakan akun personal.

Tetap ada rahasianya gak?
Aku belum berani buka yang lain, euuii… Kayanya kalau gak kepo mah.. aman-aman aja. Meski satu tim, kita bisa banget tetap punya privacy.

Yuk, ajakin temen, kaka, adik dan semuanya yang suka design dan berprofesi sebagai blogger sekaligus content writer untuk sama-sama menyajikan yang terbaik untuk pembaca dengan berlangganan canva premium.

Oke,
Let’s design~

화이팅 !

With love,
lendyagasshi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s