drama korea

Drama Karya Hong Sister

“Engga banyak yang kenal kalau bukan kerja di depan layar”
Itulah kira-kira yang saya pikirkan ketika nonton sebuah drama (Korea) favorit.

Lead male.
Lead female.
Second lead male dan second lead female

Semua adalah sebuah team dalam sebuah project. Dan project yang bagus, selain dilihat dari kekompakan para pemain….*bukan yang dibuat-buat yaaa…untuk menaikkan rating drama tersebut, namun juga dapet feel nya tiap nonton.
Jadi saya sering engga percaya rating kalau nonton drama.

Teruss….apa doonk yang bisa dijaadiin kriteria menentukan drama itu layak tonton atau engga?

  1. Nonton dulu 4 episode pertama.
    Kalau story line nya makin naik….berarti layak diteruskan. Kalau membosankan, tinggalkan…..lebih baik langsung loncat layaknya katak ke episode terakhir. Paling engga kalau ada yang bahas, kita bisa ngerti dikit-dikit laaah….
    Engga kudet-kudet amat.
  2. Lihat siapa lead male dan lead female nya.
    Biasanya kalau pun story line nya kurang oke…paling engga bisa melototin cowo atau cewe cantiknya…
    *kalo aku mah….fans nya oppa-oppa….hiihii…biar dikata dari segi usia uda mateng, tapi aktingnya pun engga perlu diragukan lagi…
  3. Lihat siapa scripwriter nya.
    Naah…ini yang mau aku bahas kali ini.
    Saya beberapa kali nonton, yaa….cuma nonton, gitu. Sekarang selalu mengikuti berita behind the scene nya dulu. Apalagi kalau yang nulis cerita Hong Sister.

*Salim dulu doonk….sama duo kaka beradik ini….

th (1)
Hong Sister, scripwriter. Hong Jung Eun (kiri) dan Hong Mi Ran (kiri)

Kakak beradik ini yang berhasil menuliskan script drama dengan plot yang segar. Tulisan keduanya dikenal dengan drama bergenre rom-com (romantic comedy) dengan setting kekinian banget.

Dan ciri drama yang sukses adalah walaupun sudah lama, namun bila ditonton saat ini masih sangat layak untuk dinikmati.

Entah dari mana ide segar mereka, karena tiap drama yang dikerjakannya tidak pernah sama plot ceritanya. Lihat saja track record mereka :

Filmography

Debut pertamanya di tahun 2005 dan terus berlanjut di tiap tahunnya dengan karya yang ditunggu para penikmat drama Korea.

Beberapa drama yang sudah saya nikmati, check this out…..

th (4)
You’re Beautiful, 2009

Pertemuan Jang Geun-Seuk dan Park Shin Hye dalam drama You’re Beautiful.

Drama ini berkisah tentang cewe yang menyamar sebagai cowo untuk menggantikan saudara kembarnya sebagai vokalis di sebuah band bernama A.N.JELL.

Berkat drama ini, fans Jang Geun Seuk maupun Park Shin Hye berharap mereka jadian beneran dalam kehidupan nyata.
*tapi sayang….itu engga terjadi, dan sampai saat ini pun mereka tetap hanya berteman baik.

th (5)
My Girlfriend Is A Gumiho, 2010

Genre rom-com yang konsisten dipertahankan Hong Sister ini membuat drama yang judulnya seram sekalipun jadi tampak menyenangkan.

Gumiho cantik yang diperankan oleh aktris cantik, Shin Min-Ah dan cowo keren tapi bengal, dibintangi si ganteng Lee Seung-Gi.

Kompak mereka memainkan drama percintaan ini. Cerita tentang Gumiho yang menyelamatkan hidup manusia dengan kekuatan mutiaranya, pada akhirnya mereka merasa saling membutuhkan dan melengkapi,  dan akhirnya jatuh cinta.

Gimana mungkin Gumiho jatuh cinta sama manusia? Coba deeh….nonton drama lawas ini. Sangat menghibur dengan soundtrack nya yang ceria.

th (2)
The Greatest Love, 2011

Drama berikutnya adalah The Greatest Love. Ini peran pertama Cha Seung Won-oppa dalam drama mellow.

Sebelum-sebelumnya selalu memainkan karakter jantan dan genre nya fighting.

Ternyata beradu akting dengan Gong Hyo Jin-eonni hasilnya cukup memuaskan.

Karena drama ini, mereka berdua menang berbagai penghargaan bergengsi dari perindustrian drama Korea.

Seperti penghargaan best actor and actress dalam Baeksang Arts Awardbest-couple dalam MBC drama Award, best drama, best screen-play (*chukae….Hong sista!), dan Silver Prize untuk kategori Miniseries.

Kisah tentang kehidupan seorang artis kelas atas dengan artis kelas bawah. *Baru tau yaa….bahkan di industri entertainment juga ada kelas-kelasnya. Kalau uda gak terkenal lagi alias lewat masa kejayaannya, biasanya suka dijadikan sparing-partner dalam acara live show. Kemudian hubungan ini menjadi kisah cinta yang unik dan lucu.

Banyak pesan yang bisa diambil dari menonton drama ini. Salah satunya adalah menjadi orang yang rendah hati di saat apapun. Baik sedang di atas atau ketika di bawah. Karena sejatinya manusia hanya diukur dari kebaikan hati dan sopan santunnya terhadap lingkungannya.

Sindiran-sindiran sosial yang dilakukan Hong Sister dalam drama ini memang sungguh mengena di hati.

th (3)
Big, 2012

Pernah ngebayangin gak kalau tubuh orang yang kita sayangi switch sama tubuh orang lain?

Engga kebayang susahnya untuk percaya di awal kejadian itu terjadi, pastinya.

Belum lagi meyakinkan bagaimana pihak keluarga sendiri, pihak keluarga lain yang saling berkaitan?

Aaa….drama ini lumayan menarik untuk ditonton. Terutama karena pemerannya Gong Yoo-oppa dan Kim Min Jung eonni yang cantik. Tapi sayang, saya rasa drama ini plot nya sudah banyak yang serupa yaaa…
Jadi terkesan agak garink kisah percintaannya. Belum lagi kenyataan bahwa Kim Min Jung baru saja menikah dengan Lee Byung Hun, jadilah saya menangkap sinyal ketidak all-out an Kim Min Jung dalam berakting.
Dan kayanya Gong Yoo juga mengimbangi siih….

*hiihii….salah satu adegan drama yang saya tunggu kan kiss scene nya….kalau itu terjadi tapi biasa aja…maka saya menyimpulkan bahwa para pemainnya kurang dapet chemistry nya. Mianhae…..eonni...

th (6)
Master’s Sun, 2013

Sebelum nulis sinopsisnya, mau screaming aloud dulu yaaa….

“Aaaa…………….”

Seriously,
Drama ini adalah salah satu drama yang bikin saya engga bisa move-on. Padahal tentang cewe yang bisa lihat hantu looh….jd uda dipastikan bakalan banyak hantu yang nongol tiba-tiba dan bikin kaget.

Jujur, saat pertama kali nonton, karena terbius sama So Ji Sub oppa. Doi selalu main kece abiiiss di tiap project yang dilakukannya. Dan engga tau kenapa, saya juga suka sama pasangannya, Gong Hyo Jin-eonni. Rasanya karakter bagaimanapun, asal dimainkan sama eonni yang satu ini, jadi sangat kuat. Emmm….meskipun banyak yang bilang bahwa eonni gak cantik-cantik banget kaya artis lain. Tapi justru itu yang saya suka. Lead female itu engga ditentukan dari yang paling cantik atau yang paling menderita (biasanya dibuat gittuu…) tapi justru yang berani menerima tawaran karakter yang berbeda dari tiap project drama nya. Kerreen deeh…

Di Master’s Sun ini, Hyo Jin eonni bermain total. Engga ada cantik-cantik nya sama sekali. Dan Ji Sub oppa pun berakting seperti biasa. Cowo dengan pembawaan cool, seorang sajang (aka. bos) di mall besar dan engga punya pasangan. *karena selalu bilang “Kojoo…” (pergilah!) sama cewe-cewe yang ngedeketin dia. Huaahha…hhaa….

Kisahnya berakhir happy ending kok….jadi jangan kuatir. *Meskipun happy ending seseorang engga sama yaa….? Saya pribadi siih…seneng happy ending kalau mereka akhirnya bersatu naik ke altar pernikahan. *kyaakk…

th (7)
Warm and Cozy, 2015

The last drama review karya Hong Sister.
And i’m stuck on it.

Huuhuu…..padahal kalau nonton drama sukanya yang pemerannya sudah saya lihat di drama sebelumnya. Dan rata-rata oppa atau eonni…bukan pemeran muda.

Tapi dalam drama ini, pemerannya masih terbilang cukup muda. Lead male nya diperankan oleh Yoo Yeon Seok (kelahiran 1984 siih….tetep dipanggil oppa aja yaaa…hiihi….*maksa!). Lead femalenya Kang So Ra (kelahiran 1990, aigooo~~). Akting mereka natural, khas gaya anak muda. Dari posternya uda kelihatan yaa…kalau ini berkisah tentang cinta segitiga. Antara Yoo Yeon Seok dengan cinta pertamanya, si cewe berbaju merah (memerankan Mok Ji Won, yang menyebalkan! *haahha….baper sayanya). Dan cinta itu tidak terbalaskan, karena Mok Ji Won hanya menginginkan lelaki dari keluarga chaebol (kaya raya, pewaris perusahaan besar). Meskipun Yoo Yeon Seok juga keturunan keluarga kaya, tapi ia terlahir dari bapak yang berbeda dari 2 kakaknya.

Kesalahpahaman pun terjadi semenjak Yoo Yeon Seok bertemu dengan Kang So Ra pertama kali. Saat ulang tahun Yeon Seok yang ke 18 tahun, So Ra datang dengan membawa kabar bahwa ia adalah saudara kembarnya (karena melihat foto ibunya bersama ayah Yeon Seok). Lalu mereka berpisah karena Ibu Yeon Seok tidak ingin membahas masa lalu. Sedihlah hati So Ra, namun dasar Yeon Seok. Doi niih….tipe cowo yang gak tegaan, jadi So Ra dikasih hadiah, karena kebetulan mereka ulang tahun di tanggal yang sama. (yaa iyaa laah…kan tadi ngaku saudara kembar yaa…? hiihi….baru ketemu uda dikasih hadiah jam sama Yeon Seok, karena dia gak suka sama jam nya itu. Duuh….baiknya).

Setelah 12 tahun engga pernah ketemu, akhirnya mereka dipertemukan lagi dalam perjalanan ke Jeju-do, dengan sebuah kesalahpahaman lagi. Dan karena kesalahpahaman kali ini, mereka nanti saling suka.

Aigoo….so sweet yaah…

Drama ini memang mengambil setting di Jeju-do. Keindahan alamnya memang selalu menarik untuk dijadikan lokasi syuting. Dan fakta lainnya adalah ada So Ji Sub nongol di episode 1. Gaya nya persis banget saat dia jadi Joo Won di Master’s Sun. “Kojo…!” *hiihi…trademark oppa..

Jadi,
Untuk saya pribadi…karena uda kecantol sama penulis nya, drama nya mau jelek sekalipun ratingnya….tetap layak untuk diikuti.

Untuk Hong Sister, fightiiing…!!
Semoga makin banyak karyanya di tahun-tahun ke depan.

Salam,
Drama Korean Lover.

Advertisements

13 thoughts on “Drama Karya Hong Sister

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s