Books and Movies

Jungle Book The Movie (2016)

Film yang rilis di Indonesia tanggal 15 April 2016 ini berkisah tentang seorang anak laki-laki yang sedari kecil tinggal di hutan dan dibesarkan oleh sekelompok serigala. Ibu serigala yang bernama Raksha lah yang sangat menyayangi Mowgli, si anak manusia ini.

Unik.

Sekilas mirip dengan kisah Tarzan. Namun bedanya, karena yang membesarkan serigala, Mowgli tumbuh menjadi anak yang pemberani, teliti dan cekatan.

Awalnya agak-agak takut nonton film ini di bioskop bersama kedua putri kami. Takut kalau ada adegan yang bukan untuk anak-anak, bagaimana saya harus menjelaskannya? Karena berkaca pada kisah Tarzan yang diceritakan jatuh cinta dengan Jane.

Namun kekhawatiran saya selama nonton terbayar sudah. Adegan per-adegan yang disuguhkan sungguh menegangkan. Banyak suara-suara yang mengejutkan sekaligus dramatis keluar dari film ini. Beberapa adegan malah membuat saya terkaget-kaget hingga berteriak. Aah….saya nya aja yang lebai kali yaa…??

Film ini dibuka dengan adegan Mowgli yang berlari sangat cepat di dalam hutan. Seolah sedang dikejar oleh hewan panther berwarna hitam legam. Saking cepatnya Mowgli mengambil keputusan ke arah mana dia harus berlari dan menginjak dahan pohon, si panther itupun tampak kewalahan mengejar Mowgli. Namun tiba-tibaa…..*kreeek…braaak!!* dahan terjatuh dan Mowgli pun ikut jatuh karenanya.

Panther hitam itu pun berkata “Kamu dibesarkan oleh sekawanan serigala, hendaklah hidup seperti mereka, Mowgli. Bagaimana bisa, kamu tidak bisa membedakan dahan yang sudah lapuk dengan yang masih kuat?”

Mowgli pun menjawab,”Itu karena aku kurang beruntung saja”

Aaah….ternyata hewan panther hitam itu adalah salah satu sahabat terbaik Mowgli selama tinggal di hutan. Ia bernama Bagheera.

bagheera
Bagheera, panther hitam yang setia pada Mowgli.

Badan Bagheera yang jauh lebih besar dari Mowgli mengisyaratkan bahwa ia siap melindungi anak manusia ini dari apa saja yang mengganggu selama di hutan.

shere khan1
Shere Khan

Masalah pun timbul ketika tiba-tiba hadir harimau bernama Shere Khan. Ia menginginkan Mowgli untuk diserahkan padanya, karena selama ini ia menginginkan memakan daging manusia, namun tidak bisa karena banyak yang melindungi. Terutama sekawanan serigala yang solid hidup berkelompok, dipimpin oleh Akeela.

Akela ada pemimpin kelompok serigala yang amat disegani. Karena kebijaksanaannya dan ketegasannya, namun juga sangat baik terhadap Mowgli. Hingga suatu saat, karena keadaan kelompok serigala Akeela sedang terjepit, mereka mengadakan rapat. Tanpa Mowgli tentunya. Mereka membicarakan tentang apakah sebaiknya yang akan mereka lakukan dengan Mowgli? Dikeluarkan dari kelompok karena dianggap mengancam keselamatan? Atau tetap berusaha dilindungi walaupun hidup dalam teror Shere Khan?

Perdebatan cukup panjang dan alot sepertinya. Dan gelagat perdebatan itu ditangkap oleh Mowgli. Akhirnya Mowgli memutuskan untuk mengeluarkan diri dari kelompok serigala dan mencari desa terdekat untuk hidup bersama-sama manusia, sebagaimana dirinya.

Dengan berat hati, naluri seorang Ibu, Raksha, melarang Mowgli, karena sudah dianggap sebagai anaknya sendiri. Namun Mowgli meyakinkan Ibu angkatnya agar tidak perlu bersedih, karena ia akan mengunjungi Raksha sesekali.

Petualangan sebenarnya dimulai.

perjalanan

Mowgli diikuti oleh sahabatnya, Bagheera melintasi hutan melewati padang rumput yang luas. Bertemu dengan ragam binatang yang memandang aneh ada seorang anak manusia di dalam hutan. Termasuk ketika ada sekelompok gajah melintas. Mowgli diajarkan untuk menunduk sebagai tanda hormat, karena gajah adalah hewan besar yang membuat kehidupan ini seimbang dengan membuat aliran air.

Shere khan yang baru mengetahui bahwa Mowgli sudah tidak ada di kelompok serigala, marah besar pada Akeela. “Bukankah aku sudah jelas mengatakannya padamu, serahkan anak manusia itu padaku?”

Dengan nada gagah, Akeela menjawab “Dia bukan bagian dari kami lagi.”

Kesal Shere khan oleh pemimpin serigala yang tidak mau diajak bekerja sama, maka dengan kekuatannya, Akeela dilempar ke jurang. *Auuh….*

Bergegas Shere khan berlari masuk ke dalam hutan, dengan harapan bisa mengejar Mowgli dan membunuhnya juga. Ternyata benar saja, Shere khan melihat Mowgli saat sedang melintasi padang rumput bersama kawanan rusa. Secepat kilat Bagheera menyuruh Mowgli untuk berlari menjauh sementara ia mencoba untuk menghadang Shere khan yang sudah mulai mengerang penuh rasa amarah.

rumput
Mowgli…! Shere Khan behind you……

Sudah bisa ditebak adegan selanjutnya adalah Shere khan tampak beringas melawan Bagheera, sehingga Bagheera pun kewalahan menghadapinya. Tampak lawannya mulai melemah, Shere khan tak mau buang-buang energi lagi….ia segera mengejar Mowgli.

Beruntung ada jurang.
*bisa dibilang “beruntung” yaa….

Tanpa pikir panjang, Mowgli lompat ke jurang yang dalam itu. Pas sedang ada sekawanan banteng melintas dengan cepat. Melumuri badan Mowgli dengan lumpur yang pekat, sehingga dari atas jurang, Shere khan tak bisa melihat dengan jelas. Barulah saat banteng mulai habis melintas, tampak Mowgli dengan lemas karena tertabrak beberapa banteng. Saat hendak dikejar Shere khan, lagi-lagi Mowgli melarikan diri dengan melompat ke salah satu banteng yang sedang berlari kencang.

Hilang sudah Mowgli terbawa sekelompok banteng yang sedang migrasi tersebut. Aman, batin saya.

Tak lama, Mowgli terbangun dari tidurnya. Ternyata ia sedari tadi tertidur di punggung banteng yang ditumpanginya. Dengan perasaan bingung dan ling-lung, ia melihat sekeliling dan menemukan dirinya tengah berada di tebing jurang yang terjal dan basah kuyup kehujanan. Tak lama, jurang tersebut longsor, menyebabkan semua banteng terjatuh ke jurang yang terjal. Mowgli dengan sigap melompat ke dalam arus air sungai, tidak mau tertimpa longsor bersama banteng yang ditungganginya.

Arus terus membawanya berpetualang, hingga tiba di hutan yang jauh lebih gelap dan suasananya sangat sunyi.

Hello…..anybody here?”, teriak Mowgli dengan lantang.

Mowgli yang kelaparan mencari makanan apa saja yang bisa ia makan. Tenyata ada buah merah-merah yang sudah ranum. Dengan upaya manusia, ia mencari cara untuk mengambil buah tersebut.

Beruntung ia bisa mengambilnya dan di makanlah dengan lahap. Tiba-tiba tanpa diundang, muncullah seekor hewan kecil (emm…sejenis rakun yaa?) meminta dengan wajah memelas untuk diberi buah tersebut. Karena Mowgli baik, ia memberikan buah yang telah digigitnya. Tanpa disadari Mowgli, buah yang lainnya sudah dicuri oleh teman-teman rakun yang ternyata menyelinap dari belakang.

Marah Mowgli dibuatnya….namun amarahnya mereda karena mendengar suara halus nan lembut mengajaknya untuk masuk lebih dalam ke hutan yang gelap itu.

Are you alone out here?
What are you doing so deep in the jungle.

Don’t you know what you are?
I know what you are.
I know where you came from.

Poors weak little co..
I’ll keep your closed.

Let go your fear now!
And trussssted in me…….

Sambil mendengarkan kisah si suara lembut, Mowgli tidak menyadari bahwa tubuhnya tengah dlilit oleh ular anaconda betina sebesar gedung pencakar langit. Hingga tak terasa, ia merasa lemas…lemas dan terus melemah.

ular
Suara lembut itu diisi oleh Scarlett Johansson

Beruntung Mowgli ditolong oleh seekor hewan yang dengan gerakan sigap melawan Kaa (nama ular anaconda betina tersebut).

Petualangan demi petualangan mengajak kita melihat dan berkenalan dengan hewan-hewan yang hidup di habitat masing-masing di dalam hutan. Kali ini, Mowgli ditakdirkan bertemu dengan beruang madu yang besar namun pemalas. Ia meminta bayaran atas apa yang telah dilakukannya tadi, yakni menolong Mowgli dari efek hipnotis yang dilakukan Kaa.

“Kalau bukan karena aku yang menyelamatkanmu, kamu sudah hidup di dalam perut ular tadi. Jadi sekarang, bantulah aku mengambil madu di atas bukit sana”. Sembari menunjuk bukit yang dimaksud.

baloo
with Baloo

Dan benar saja, banyak bergelayut sarang-sarang madu yang besar.

Dengan kepintarannya, Mowgli mengambilkan madu untuk beruang yang bernama Baloo. Tugas Baloo hanya tinggal menunggu jatuhnya sarang lebah yang besar-besar itu ke tanah. Namun ternyata tidak semudah itu, begitu sarang lebah ditusuk agar terjatuh ke tanah, lebah pun mulai menyengat Mowgli.

Aaaah…..

Adanya pertengkaran demi pertengkaran yang dilewati bersama Baloo, akhirnya mereka pun menjadi sahabat. Di saat yang bersamaan, datanglah Bagheera. Senang bukan main Mowgli. Ia merasa hidupnya sempurna tanpa harus kembali ke dunia manusia, pikirnya.

Namun atas dorongan Baloo, yang berpura-pura tak mau menjadi sahabat Mowgli lagi dengan alasan bahwa Mowgli harus kembali ke dunianya, ia meninggalkan Mowgli sendiri. Tiba-tiba ada sekawanan kera menculik Mowgli dan membawanya ke sarang kera di puncak bukit yang tinggi.

king Louie
King Louie

Saat tiba di puncak bukit, para monyet kecil menghadapkan Mowgli pada King Louie. Raja monyet tersebut hanya minta dibuatkan red-flower, karena Mowgli adalah manusia, ia yakin Mowgli bisa mengabulkan permintaannya.Sayang, kenyataannya…Mowgli pun tak bisa membuatkan red-flower untuk King Louie, yang mengakibatkan King Louie marah sambil berkata, “Tidakkah kamu mendengar kabar bahwa Akeela sudah mati dibunuh Shere khan?”

Terhenyak….

Mowgli segera melarikan diri dari sarang monyet tersebut, dibantu oleh Bagheera dan Baloo yang tentu saja sudah datang untuk membantu.

Mowgli berlari dengan sangat cepat ke hutan tempat ia tinggal dahulu bersama sekawanan serigala, keluarganya. Dan benar saja, kehadirannya tengah dinanti oleh Shere khan, yang menjadi pemimpin serigala sepeninggalan Akeela. Mungkin juga bukan memimpin, namun lebih tepatnya mengancam sekawanan serigala yang lain agar memihak padanya.

Pertarungan hampir saja dimulai, namun sesegera itu pula Bagheera datang sebagai tameng dan memperingatkan Mowgli bahwa sampai kapanpun kalau Mowgli nekat melawan Shere khan menggunakan kekuatan, ia tidak akan menang. Maka lawanlah Shere khan menggunakan kelebihan manusia, yakni otak.

Mowgli mencari cara seperti yang dikatakan Bagheera. Ia membuat red-flower seperti yang biasa dilakukan manusia Dan membakar hutan. Diikuti oleh Shere khan di belakang, terjadilah kejar-kejaran antara manusia dengan harimau.

Seru dan menegangkan.

Dan benar saja,
Shere khan terkena jebakan yang dibuat Mowgli sehingga ia terjatuh masuk ke dalam kobaran red-flower yang dibuat Mowgli.

red flower
Mowgli and the red-flower

Inilah red-flower yang dimaksud.

Kisah Mowgli yang diperankan apik oleh Neel Sethi membuat saya terkagum-kagum atas kecekatannya dalam berakting. Bukan saja karena ini jenis film petualangan, namun juga banyak mempertontonkan berbagai jenis ekspresi. Jempol untuk sutradara film ini.

Sayangnya,
menurut saya ini film yang cocok untuk di tonton anak usia 12 tahun ke atas yang sudah paham sedikit-sedikit bahasa Inggris. Atau paling tidak bisa membaca teks yang tertera di layar. Karena anak saya baru berusia 5  dan 3 tahun, mereka belum paham kenapa kejadiannya tiba-tiba berubah begini dan tiba-tiba menjadi begitu.
Bisa dibayangkan….saya menjelaskan sepanjang film tersebut berlangsung agar kaka adik mengerti maksud film tersebut….??

Lumayan melelahkan….

Tapi tetap senang karena banyak belajar ragam hewan yang hidup di hutan dan mengajarkan solidaritas kepada keluarga. Kerjasama dan persahabatan.

 

Sekian resensi film Jungle Book Movie (2016).
-best regards, Lendyagasshi

Berikut casting para pemain dan pengisi suara Jungle Book The Movie (2016) :

  • Neel Sethi sebagai Mowgli
  • Emjay Anthony sebagai Grey Brother
  • Bill Murray sebagai Baloo
  • Ben Kingsley sebagai Bagheera
  • Idris Elba sebagai Shere Khan
  • Scarlett Johansson sebagai Kaa
  • Christopher Walken sebagai King Louie
  • Lupita Nyong’o sebagai Raksha
  • Giancarlo Esposito sebagai Akela

 

Advertisements

2 thoughts on “Jungle Book The Movie (2016)

    1. gak syerem, teh…kl gak punya phobia makhluk melata.
      huuhuu…saya dari dl kalau liat ular, emm….takut banget.
      jadi pas adegan ini, langsung merinding rasanya…..Untung sambil mangku yang kecil (kebetulan lg engga mau duduk sendiri).
      Jadi bisa sok-sok an liat film….padahal maah….nyumput.*hyyayya…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s